Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Aneka Restoran Halal di Marina Bay Sands dan Gardens by the Bay

Kompas.com - 29/06/2016, 08:13 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Marina Bay Sands & Gardens by the Bay adalah destinasi populer di Singapura. Turis Muslim tak perlu khawatir, ada banyak gerai restoran halal di dua tempat tersebut.

Marina Bay Sands adalah komplek hotel yang terintegrasi dengan pertokoan, convention center, kasino, teater, dan museum. Hotelnya sendiri terdiri dari 55 lantai dengan 2.561 kamar, serta fasilitas kolam renang infinity yang terletak di ketinggian 200 meter.

Tempat ini jadi destinasi populer untuk wisata belanja. The Shoppes at Marina Bay Sands punya 300 gerai ritel dan makanan. Dari Louis Vuitton sampai Sephora bisa Anda temukan di sini.

Asif Islam / Shutterstock.com Shoppes di Marina Bay Sands.

Dari semua restoran, ada beberapa yang bersertifikat halal sehingga aman untuk turis Muslim. Mengutip buku panduan "Muslim Travellers Gude to Singapore", Selasa (28/6/2016), salah satu restoran halal yang menyuguhkan masakan nikmat adalah 1983 - A Taste of Nanyang.

Berada di ujung utara lantai B2 (berlawanan arah dengan Rasapura), komplek food court yang menyuguhkan masakan tradisional Singapura tempo dulu ini terdiri dari empat konter. Terdapat gerai Kaya Toast, Nasi Lemak, hidangan pencuci mulut seperti cendol, Nasi Padang, Chicken Rice, juga Roasted Chicken Noodle. Masakan Thailand dan beberapa menu western juga tersedia di sini.

Area lainnya untuk mencari makanan halal adalah Rasapura. Berada di seberang 1983 - A Taste of Nanyang, Rasapura mengadaptasi gaya hawker center dengan berbagai pilihan makanan halal. Ada Boon Tat Street Barbecue Seafood yang menyajikan aneka seafood bakar seperti udang, kerang, ikan, dan cumi. 

Gerai lainnya adalah Nyonya & Baba Peranakan Cuisine yang menyajikan aneka menu perpaduan Tiongkok dan Melayu. Bagi penggemar masakan India, wajib mencicipi Indian Express yang beroperasi di bawah koki ternama Manjunath Mural. Ada kebab, Butter Chicken, Palak Paneer, dan beragam menu lainnya khas India.

Gardens by the Bay

Terletak bersebelahan dengan Marina Bay Sands, terdapat Gardens by the Bay yang merupakan taman buatan terbesar di Asia Tenggara. Saat terbaik mengunjungi taman ini adalah sore hari, ketika matahari tidak terlalu terik. Anda juga bisa menonton pertunjukan lampu Garden Rhapsody setiap malam pukul 19.45-20.45 waktu setempat.

KOMPAS/NELI TRIANA Pemandangan di dalam Flower Dome, Gardens by the Bay, Singapura, Kamis (5/6/2014). Di Flower Dome ditemukan aneka bunga cantik dan tanaman unik dari seluruh penjuru dunia. Di sini, pengunjung bisa sekaligus bermain interaktif tentang perlunya pohon dalam kehidupan manusia di bumi ini.

Selagi menunggu Garden Rhapsody, Anda bisa makan malam di Supertree Dining yang merupakan kumpulan restoran yang mengadaptasi suasana hawker center. Beberapa pilihan gerai halal di Supertree Dining antara lain Casa Verde (pizza, pasta, burger), Hill Street Coffee Shop (kopi, teh, kaya toast), dan Union Square Cafe (burger, hot dog, milkshake, dan aneka makanan comfort food lainnya). 

Fasilitas Ibadah

Turis Muslim tak perlu kuatir jika ingin beribadah saat berkunjung ke Marina Bay Sands dan Gardens by the Bay. Jika ingin menunaikan salat, bertolaklah ke Sands Expo & Convention Center. 

Langkahkan kaki ke lantai 3. Ikuti petunjuk yang mengarah ke Prayer Room yang juga menyediakan sajadah. Wudhu dapat dilakukan di toilet terdekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com