Agustus Mendatang, Ikutan Gowes di Ajang Toba Granfondo - Kompas.com

Agustus Mendatang, Ikutan Gowes di Ajang Toba Granfondo

Kompas.com - 30/06/2016, 04:03 WIB
Tribun Medan/Silfa Bersepeda di Samosir, melihat panorama Danau Toba, Sumatera Utara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang sepeda wisata non kompetisi Toba Granfondo 2016 akan digelar pada 20-21 Agustus 2016 mendatang. Rute yang akan ditempuh pesepeda sepanjang jarak 200 kilometer mulai dari Kantor Gubernur Sumatra Utara, Deli Serdang hingga berakhir di Parapat.

Ketua Penyelenggara Toba Granfondo 2016, Agustino Sidabutar mengatakan peserta yang akan mengikuti bersepeda menyusuri Danau Toba berjumlah 250 orang. Pesepeda yang mengikuti even Toba Granfondo 2016 kali pertama ini sendiri berasal dari domestik dan mancanegara.

"Saat ini sudah 100 orang yang daftar. Delapan puluh lima persen orang lokal dari Medan, Kepulauan Riau, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Kalimantan. Lima belas persen orang mancanegara dari Singapura 15 orang dan dari Malaysia ada tiga orang," kata Agustino usai jumpa pers di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (29/6/2016).

Pesepeda nantinya akan melewati tiga kabupaten di Sumatera Utara yakni Deli Serdang, Simalungun, dan Tanah Karo. Ricky menambahkan jalur yang akan dilewati pesepeda berupa tanjakan yang bervariasi dan juga di pinggir Danau Toba.

KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Pemandangan Danau Toba di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu (19/4/2015). Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia yang tercipta dari hasil letusan gunung berapi raksasa (supervolcano) pada 75.000 tahun silam.
"Setelah Kecamatan Merek, Tanah Karo di sisi kiri jalan bisa melihat Danau Toba. Mulai dari pinggir Simarjarunjung setelah pit stop 1 nanti bersepeda di pinggir Danau Toba," tambah Touring Manager Toba Granfondo 2016, Ricky Alexander kepada KompasTravel usai jumpa pers.

Hari pertama Sabtu (20/6/2016), dimulai dari Medan-Simalem dengan titik pemberhentian sementara di Kabanjahe setelah menempuh 72 kilometer dan berakhir di Simalem di titik 107 kilometer.

Rute hari kedua, akan dimulai dari Simalem menuju Parapat dengan titik pemberhentian sementara di Simarjarunjung setelah menempuh 48,1 kilometer dan berakhir di Parapat.

Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata, Iqbal Alamsyah mengatakan, acara Toba Granfondo 2016 sejalan dengan komitmen Menteri Pariwisata Arief Yahya. Iqbal menambahkan, tempat penyelenggaraan Danau Toba sendiri merupakan 10 destinasi wisata baru di luar Bali.

"Sesuai arah pak menteri, kita ada pre event, event, dan post event. Ini adalah pra event. Harapannya semua kegiatannya bisa mencerminkan syiar untuk destinasi wisata kita," tambahnya.


EditorNi Luh Made Pertiwi F
Komentar
Close Ads X