Kompas.com - 30/06/2016, 18:00 WIB
Onde onde Bo Liem Jr. Bagian dalamnya berisikan kacang hijau yang sudah dihaluskan. Silvita AgmasariOnde onde Bo Liem Jr. Bagian dalamnya berisikan kacang hijau yang sudah dihaluskan.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

MOJOKERTO, KOMPAS.com - Saat mampir melewati Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur ada satu oleh-oleh khas yang tak boleh Anda lewatkan. Oleh oleh tersebut adalah Onde-Onde Bo Liem Jr.

"Pas sekali, onde-ondenya tinggal satu. Tadi kami habis goreng," kata penjaga toko Onde-onde Bo Liem Jr saat KompasTravel singgah dalam ekspedisi jalur mudik Merapah Trans Jawa, Senin (27/5/2016).

Waktu baru menunjukkan pukul lima sore, tetapi toko Bo Liem Jr sudah siap tutup. Onde-onde satu ini bisa disebut sebagai onde-onde legendaris, memakai resep turun menurun dari tahun 1929. Rasa onde-onde Bo Liem Jr. sungguh nikmat, tak berlebihan jika saya menyebut ini onde-onde terenak yang pernah saya santap.

Bentuk onde-ondenya bulat sempurna, tanpa ada bagian yang kempis. Bagian luar onde-onde memiliki tekstur yang tak alot dengan ketebalan sedang. Wijen yang dibalur di onde-onde berlimpah tapi tak mengeluarkan bau wijen yang khas, alhasil baluran wijen ini memberi sensasi renyah pada bagian kulit luar.

Silvita Agmasari Onde onde Bo Liem Jr. oleh oleh kas Mojokerto.

Untuk isian, onde-onde Bo Liem Jr. menggunakan kacang hijau tumbuk. Kacang hijaunya bertekstur lembut, tanpa ada kulit yang tertinggal sama sekali. Paling penting rasa manisnya isian onde-onde ini sangat pas.

Onde-onde Bo Liem Jr. ini tak memakai bahan pengawet. Namun demikian disantap lebih dari 24 jam saja, onde-onde ini masih lezat.

Onde-onde yang dibungkus satu persatu dengan plastik menjadi faktor utama onde-onde ini tetap terjaga suhu dan juga higienisnya. Harga satu kotak onde-onde Bo Liem Jr. berisi 10 buah adalah Rp 40.000, toko ini terletak di Jalan Empu Nala 43, Mojokerto, nomor telepon (0321) 383116.

"Kami buka dari jam delapan pagi sampai jam enam sore. Tapi bisa pesan telepon dulu sehari sebelumnya kalau mau," ungkap penjaga toko Bo Liem Jr.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.