Kompas.com - 01/07/2016, 10:18 WIB
Sate susu matang. Menu makanan ini populer di Kampung Jawa, Kota Denpasar, Bali, sebagai penganan khas yang diburu sebagai menu berbuka pada bulan Ramadhan. KOMPAS/AYU SULISTYOWATISate susu matang. Menu makanan ini populer di Kampung Jawa, Kota Denpasar, Bali, sebagai penganan khas yang diburu sebagai menu berbuka pada bulan Ramadhan.
EditorNi Luh Made Pertiwi F

BEBERAPA makanan yang hanya ada saat Ramadhan berikut ini, bisa jadi inspirasi Anda mencari hidangan berbuka puasa.

Bongko Kopyor

Bongko Kopyor berasal dari Gresik, berisi nangka, pisang, sagu mutiara, kelapa kopyor, dan roti tawar. Saat penyajian, bahan-bahan tersebut disiram dengan santan dan gula, serta disajikan menggunakan daun pisang.

Gulai Siput

Sudahkah Anda mencoba Gulai Siput? Gulai berbahan utama siput sawah ini adalah hidangan berbuka khas Tanjung Pinang, Riau, lho. Selain siput, gulai ini juga berisi daun pakis, pucuk daun ubi, daun keladi, dan terong.

Ketan Bintul

Hidangan asal Serang ini berisi nasi ketan yang dihaluskan dan disajikan dengan taburan serundeng. Ketan Bintul juga sering disajikan dengan potongan daging berkuah gulai.

Mie Glosor

Mie dibuat dari adonan tepung sagu dan kunyit, sekilas terlihat mirip dengan mie kuning ini berasal dari Bogor. Namun, tekstur mie ini lebih kenyal dari mie kuning. Mie disajikan dengan tambahan sambal kacang, gorengan, dan kerupuk.

Pakat

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X