Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahan Sate Sampai Gulai, 8 Makanan yang Muncul Saat Ramadhan

Kompas.com - 01/07/2016, 10:18 WIB

BEBERAPA makanan yang hanya ada saat Ramadhan berikut ini, bisa jadi inspirasi Anda mencari hidangan berbuka puasa.

Bongko Kopyor

Bongko Kopyor berasal dari Gresik, berisi nangka, pisang, sagu mutiara, kelapa kopyor, dan roti tawar. Saat penyajian, bahan-bahan tersebut disiram dengan santan dan gula, serta disajikan menggunakan daun pisang.

Gulai Siput

Sudahkah Anda mencoba Gulai Siput? Gulai berbahan utama siput sawah ini adalah hidangan berbuka khas Tanjung Pinang, Riau, lho. Selain siput, gulai ini juga berisi daun pakis, pucuk daun ubi, daun keladi, dan terong.

Ketan Bintul

Hidangan asal Serang ini berisi nasi ketan yang dihaluskan dan disajikan dengan taburan serundeng. Ketan Bintul juga sering disajikan dengan potongan daging berkuah gulai.

Mie Glosor

Mie dibuat dari adonan tepung sagu dan kunyit, sekilas terlihat mirip dengan mie kuning ini berasal dari Bogor. Namun, tekstur mie ini lebih kenyal dari mie kuning. Mie disajikan dengan tambahan sambal kacang, gorengan, dan kerupuk.

Pakat

Pakat adalah menu berbuka khas Tapanuli, berbahan utama rotan muda. Rotan muda berukuran 1 meter dibakar selama sekitar 1 jam. Kemudian, dikupas dan diambil bagian dalam yang berwarna putih. Bagian dalam rotan muda tersebut ditambah dengan bumbu-bumbu dan santan kelapa. Hhhmmm unik sekali ya!

Sate Susu

Menu unik ini berasal dari Bali. Sate susu menjadi menu wajib yang selalu diburu saat menjelang buka puasa. Sate ini sebenarnya dibuat dari daging susu sapi, dan disajikan bersama sambal plecing khas Bali. Sate ini akan menambah stamina, lho, ketika dikonsumsj. Sama seperti saat kita mengonsumsi susu sapi.

KOMPAS.COM/YOHANES KURNIA IRAWAN Sotong yang ditata sedemikian rupa yang ditawarkan kepada pembeli sesuai dengan harga dan ukuran masing-masing.
Sotong Pangkong

Kuliner khas Pontianak ini dibuat dari cumi yang dikeringkan, lalu dipukul-pukul. Saat Ramadhan, Sotong Pangkong banyak disajikan dan dijadikan makanan wajib. Saat penyajian, Sotong Pangkong ditemani cabai dan cuka. Rasanya? Perpaduan antara asam, gurih, pedas, dan manis.

Telur Mimi

Menu wajib berbuka puasa lainnya adalah Telur Mimi, yang berasal dari Kaliwungu, Kendal. Telur mimi berasal dari sejenis ikan pari bernama ikan mimi. Telur ikan mimi dimasak dan dikerok bagian isinya. Isian telur ikan mimi kemudian diaduk bersama parutan kelapa yang sudah dibumbui. Wah, cukup unik ya sajian berbuka yang satu ini. (SCI/Sajiansedap.com/dari berbagai sumber)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com