Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tempat Makan Wajib Dikunjungi di Kampung Halamannya Jokowi

Kompas.com - 03/07/2016, 07:12 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Mau makan enak, harga terjangkau, dan menu bervariasi? Datanglah ke Solo, Jawa Tengah. Kota kelahiran Presiden Joko Widodo ini dijamin memanjakan lidah para pecinta kuliner masakan tanah air. Dari makanan gurih atau manis, ringan atau berat, Solo punya semuanya.

KompasTravel dalam ekspedisi jalur mudik "Merapah Trans Jawa" beruntung dapat mencicipi beerapa kuliner Solo yang melegenda berikut ini:

1. Selat Mbak Lies

Mbak Lies adalah pelopor rumah makan yang menjual selat. Selat sejatinya adalah makanan adaptasi dari negara barat, salad, yang kemudian rasanya disesuaikan dengan cita rasa tanah air. Sajian selat sangat cocok sebagai menu makanan pembuka petualangan rasa di Solo.

Selat Mbak Lies terletak di jalan Yudhistira, Serengan, buka dari pukul sembilan pagi sampai setengah enam sore. Dekorasi antik dan unik membuat tempat ini semakin menarik untuk dikunjungi.

Silvita Agmasari Tengkleng kambing Mbak Diah, Solo.

2. Tengkleng Mbak Diah

Tengkleng satu ini begitu tersohor di kalangan masyarakat Solo. Mbak Diah memulai bisnisnya dari berjualan kaki lima pada tahun 1993, hingga sekarang ia mampu membeli lahan dan membangun rumah makan. Menu andalan adalah tengkleng kambing. Di sini kambing sama sekali tak berbau dan memiliki rasa kuah yang ringan. Dijamin membuat ketagihan.

Silvita Agmasari Bebek goreng Pak H. slamet "Asli" di Kartasura.

3. Bebek Goreng H.Slamet "Asli"

Punya lebih dari seratus cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, tak lengkap rasanya jika tak mampir ke rumah makan pertama Bebek Goreng H. Slamet "Asli". Letaknya berada di Sedahromo Lor, Kartasura, Sukoharjo.

Jangan membayangkan jika warung makan pertama H. Slamet ini besar dan mewah, nyatanya rumah makannya berada di dalam gang dan sederhana. Namun begitu rumah makan ini tak pernah sepi pengunjung. Disini Anda juga dapat bertemu H. Slamet langsung, pelopor bebek goreng dengan sambel korek yang mantap.

4. Serabi Notosuman

Kenyang makan berat, mari cicipi serabi Notosuman. Rasa serabinya ringan dan memberi sensasi meleleh di mulut, apalagi jika dimakan saat masih panas. Terletak di Jalan Mohammad Yamin Nomor 28 Solo, Serabi Notosuman sudah dibuat sejak 90 tahun lalu.

5. Susu Shi Jack

Untuk kuliner di malam hari, Anda dapat berkunjung ke Susu Shi Jack. Tenda Shi Jack berada di Jalan Kapten Mulyadi dan membuka cabang di Jalan Veteran. Shi Jack yang buka sejak tahun 1987, memiliki menu andalan yakni susu sapi murni dari Boyolali.

Berbagai macam variasi susu dengan nama unik ada di Shi Jack. Tendanya buka dari pukul enam sore sampai satu pagi.

Kompas Video Makan Selat Solo di Mba Lies

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com