Kompas.com - 03/07/2016, 17:09 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

CIREBON, KOMPAS.com - Melewati jalur mudik Pantura yang macet total, ada baiknya menghilangkan penat, berekreasi sambil menambah ilmu di situs bersejarah Cirebon. Taman Sari Goa Sunyaragi adalah situs bersejarah yang dibangun tahun 1703. Letaknya berada di pusat kota Cirebon, tepatnya di Jalan Brigjen Dharsono.

"Goa Sunyaragi adalah taman air yang dibangun oleh Pangeran Kararangen Arya Carbon, cicit dari Sunan Gunung Jati. Sunya artinya sepi sedangkan ragi itu raga. Jadi tempat ini sebagai tempat menyepikan raga," ujar Elang Utama pemandu Goa Sunyaragi saat Kompas Travel menggunjugi Goa Sunyaragi, Sabtu (2/6/2016), dalam ekspedisi jalur mudik Merapah Trans Jawa.

Menurut Elang, ada sepuluh goa di situs ini. Masing-masing gua memiliki fungsi berbeda pada zamannya.

"Ada goa peteng tampat menyepi bagi mereka yang konon dahulu bagi orang yang ingin memperoleh kekebalan tubuh. Ada goa kelanggengan untuk para pejabat zaman dahulu membuat jabatannya langgeng. Ada juga gua padang hati tempat menyepi bagi mereka yang keinginannya tercapai," ungkap Elang.

Silvita Agmasari Situs bersejarah di tengah kota Cirebon, Gua Sunyaragi.

Dekorasi dari batu karas yang ditempel di bibir gua, konstruksi gua yang rapih, serta berdenah teratur, membuat saya takjub akan kebolehan orang masa lampau dalam membangun Gua Sunyaragi.

"Konon untuk menempel batu-batu ini menggunakan telur putih," kata Elang.

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat beberapa patung asli dari abad ke 18 ini. "Itu ada patung seperti orang duduk, yang sebenarnya adalah patung garuda dengan ular, yang berarti jika sudah menjadi orang sukses jangan lupakan orang dibawah. Ada juga patung perawan sunti, yang kepercayaanya jika disentuh oleh perempuan belum bersuami akan jauh mendapatkan jodoh," kata Elang.

Dahulu menurut Pak Elang, Goa Sunyaragi ini dikelilingi danau, terbukti adanya sistem irigasi, goa, air terjun buatan, dan juga balekambang atau berarti tempat bersantai yang mengambang di air.

Silvita Agmasari Situs bersejarah di tengah kota Cirebon, Gua Sunyaragi.

Waktu operasional Goa Sunyaragi

Selain menjadi situs bersejarah, Goa Sunyaragi saat ini juga difungsikan sebagai tempat pertunjukan kesenian Cirebon. Ada podium luas didepan Gua Sunyaragi persis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.