3 Hidangan Berbuka Puasa Khas Medan

Kompas.com - 04/07/2016, 13:07 WIB
Bubur pedas khas Kesultanan Deli dibagikan untuk pengunjung mesjid saat berbuka. TRIBUN MEDAN/ SILFA HUMAIRAHBubur pedas khas Kesultanan Deli dibagikan untuk pengunjung mesjid saat berbuka.
EditorNi Luh Made Pertiwi F

BEBERAPA makanan biasanya hanya akan bisa ditemui saat bulan puasa. Sama halnya dengan makanan buka puasa khas Medan, yang akan dengan mudah ditemui saat bulan puasa. Apa saja makanan tersebut? Yuk, simak uraiannya berikut ini!

Bubur Pedas

Bubur pedas dibuat dari puluhan bumbu rempah yang dimasak menggunakan tungku kayu bakar. Walaupun cukup banyak bumbu rempah yang digunakan, namun rasa yang sangat dominan dari bubur ini adalah pedas. Oleh karena itu, bubur ini dinamai dengan bubur pedas.

Tempat yang selalu menyajikan bubur pedas adalah di Masjid Raya Al Mashun Medan. Pihak masjik akan selalu membagikan bubur pedas saat bulan puasa. Uniknya, tungku yang digunakan untuk membuat bubur pedas sudah berumur puluhan tahun. Jadi, bisa dipastikan rasa bubur tidak berubah dari bubur yang pertama kali dibuat.

Lemang Pulut

Makanan yang satu ini dibuat dari ketan putih atau pulut. Ketan yang sudah dibumbui dengan santan, kemudian dimasukkan ke dalam bambu yang sudah dilapisi dengan daun pisang muda. Lalu, dimasak menggunakan bara api hingga lemang matang. Rasanya lemang akan semakin lezat, jika dicampurkan dengan kuah durian Medan.

Pakat

Pakat merupakan makanan buka puasa yang sangat unik dari Medan. Karena, dibuat dari rotan muda. Rotan muda cukup dibakar di atas tunggu selama satu jam, atau hingga rotan lunak. Setelah lunak, rotan akan dibelah dan diambil bagian dagingnya. Nah, yang akan diolah dan dikonsumsi adalah bagian daging rotan muda tersebut.

Pakat yang berasal dari Tapanuli Selatan ini akan sangat mudah ditemui saat bulan puasa. Rasa pakat sedikit pahit, namun bila diolah dengan benar rasanya akan sangat lezat. Biasanya pakat diolah menjadi gulai, dicampur dengan santan kelapa serundeng, cabai giling, atau kecap.

Tidak hanya lezat sebagai makanan berbuka puasa atau sahur, pakat dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Sebut saja penyakit kencing manis dan malaria, serta berkhasiat sebagai pembangkit nafsu makan. (SCI/Sajiansedap.com/dari berbagai sumber)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X