Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menginap di Hotel Berbintang untuk Pemula

Kompas.com - 05/07/2016, 13:07 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelayanan di hotel berbintang agak berbeda dengan hotel-hotel non-bintang. Agar tidak bingung dan kikuk, simak beberapa tips ini sebelum menginap untuk pertama kalinya.

Selalu ada kali pertama dalam semua hal. Bisa jadi Anda menginap di hotel berbintang untuk liburan, pekerjaan, atau karena paksaan kondisi misal saat mudik Lebaran.

Hotel berbintang punya pelayanan dan beberapa syarat umum untuk para tamu. Dihimpun KompasTravel, Senin (4/7/2016), berikut beberapa tips saat pertama kali menginap di hotel berbintang. 

Reservasi online

Penting bagi Anda melakukan reservasi, sedikitnya dua hari sebelum menginap. Ini karena hotel berbintang punya banyak tipe kamar, sehingga Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Standard Room adalah kamar dengan fasilitas standar pada hotel tersebut. Satu tingkat di atasnya ada Deluxe Room, kemudian beberapa tipe premium seperti Family Room, One Bedroom Suite, dan Presidential Suite.

Selain menentukan tanggal dan lamanya menginap, pastikan Anda mendapatkan tipe kamar yang diinginkan. Reservasi bisa dilakukan langsung dari situs hotel tersebut, atau lewat beberapa situs pemesanan hotel.

Waktu Check-in dan Check-out

Mayoritas hotel di Indonesia, termasuk hotel berbintang, punya jam check in dan check out yang sama. Tamu biasanya boleh check in pukul 14.00, dan check out pukul 12.00 keesokan harinya.

Meski begitu, beberapa hotel menerapkan kebijakan early check in dan late check out. Jika Anda tiba di kota tujuan lebih pagi, Anda bisa meminta pihak hotel untuk early check in sebelum pukul 14.00. Sama halnya dengan late check out, biasanya tamu diberikan waktu tambahan hingga 1 jam untuk check out dari hotel. Namun tentu saja, Anda harus mengomunikasikannya terlebih dahulu kepada pihak hotel.

Deposit

Saat check in, Anda akan diminta kartu kredit untuk deposit atau jaminan. Besarnya uang deposit biasanya sesuai dengan nominal harga selama Anda menginap.

Jika Anda menginap dalam rangka tugas kantor, pada saat check out resepsionis akan meminta kembali kartu kredit Anda untuk kemudian mengembalikan uangnya secara penuh.

Namun bagaimana jika Anda tidak punya kartu kredit? Anda harus membawa uang tunai sebagai jaminan. Jumlah nominalnya pun tergantung masing-masing hotel.

Sama seperti kartu kredit, uang tunai yang jadi jaminan pun akan dikembalikan begitu Anda check out dari hotel. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com