Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2016, 16:04 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com - Satu hal yang paling menyebalkan saat ingin naik pesawat udara adalah tertinggal pesawat. Ada beragam faktor mengapa seseorang bisa tertinggal pesawat, mulai dari mengalami kemacetan saat menuju bandara juga berangkat dari rumah atau hotel terlalu dekat dengan waktu take-off.
 
Jika tertinggal pesawat yang akan membawa Anda terbang, cobalah untuk bersikap tenang. Manager of Media & Communication PT Panorama Setrawisata, Christine Lie Hartati, menyarankan Anda untuk segera mengambil langkah-langkah untuk mencari solusi atas masalah tertinggal pesawat ini.
 
"Segera telepon airlines-nya, (bisa tanya) apa yang bisa mereka lakukan, misal memberikan diskon terbaik untuk pembelian tiket penerbangan selanjutnya," jelas Christine saat dihubungi KompasTravel, Senin  (4/7/2016) sore.
 
Ia menyebutkan, saat menghubungi costumer service maskapai penerbangan yang Anda tumpangi, tanyakan juga tentang kebijakan pengembalian uang (refund) atau kemungkinan untuk naik pesawat pada penerbangan selanjutnya.
 
Menurut Christine, jika penumpang pesawat membeli lewat agen perjalanan, pihak agen perjalanan bisa membantu untuk mengetahui sisa kursi pesawat pada penerbangan selanjutnya.
 
"Jika sudah sampai di bandara, segera datang ke ruang duty manager (maskapai) yang letaknya setelah check in pertama, tanyakan apakah ada solusi bagi hal ini (terlambat naik pesawat)," ungkap Cristine.
 
KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERA Antrean penumpang di depan counter check in Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (26/6/2016). Menjelang mudik Lebaran tahun 2016, penumpang mulai memenuhi penerbangan domestik Bandara Soekarno-Hatta.
Public Relation Tiket.com, Yosi Marhayati kepada KompasTravel menambahkan, penumpang bisa memilih untuk langsung mendatangi counter pelayanan maskapai penerbangan di bandara. Jika bisa mendapatkan kebijakan refund, lanjut Yosi, penumpang akan mendapatkan dua pilihan terkait pengembalian biaya tiket pesawat.
 
"Nanti kalau memang bisa dapat refund, petugas bandara bakal nanya mau refund langsung ke nomor rekening atau lewat travel agent," papar Yosi saat dihubungi.
 
Public Relation & Advertising Ezytravel.co.id, Noor Aini Rachmawati saat dihubungi KompasTravel mengatakan jika penumpang pesawat membeli tiket melalui jasa travel agent dan tertinggal pesawat, beberapa travel agent biasanya akan mendapatkan refund sebesar 10 persen dari harga tiket.
 
Kemudian, jika penumpang ingin mengubah jadwal penerbangan pasca terlambat, ia menyarankan untuk mengontak pihak maskapai agar lebih cepat mendapatkan informasi sisa bangku di pesawat.
 
"Karena maskapai yang tahu persis ketersediaan seat dan di bandara pun ada maskapai itu. Kalau low season bisa gampang dapat flight selanjutnya, tapi kalau high season begini susah dapat seat. Untuk kontak maskapai, ceritakan saja yang terjadi, nanti akan bisa dibantu biasanya," ujar Wati kepada KompasTravel.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+