Kompas.com - 06/07/2016, 10:06 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengundang para perantau yang sedang mudik ke Banyuwang untuk melepas kangen dan bernostalgia bersama dalam acara Diaspora Banyuwangi.

Acara yang rencananya akan digelar pada Jumat (8/7/2016) jam 08.00 WIB di Pendopo Shaba Swagata Blambangan tersebut akan dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya.

“Kami undang semua diaspora (perantau yang tersebar di berbagai wilayah) yang sedang pulang ke kampung halaman untuk hadir di pendopo. Kita ingin mempererat tali persaudaraan antar warga Banyuwangi, meskipun mereka domisilinya saling berjauhan,” kata Anas.

Acara Diaspora Banyuwangi tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2013. Menurut Anas, biasanya yang hadir ratusan orang bukan hanya datang dari seluruh Indonesia tetapi termasuk mereka yang tinggal di luar negeri seperti Malaysia, Taiwan, Hongkong bahkan ada juga yang datang dari Amerika Latin.

Nantinya mereka akan menyaksikan kesenian khas Banyuwangi serta lagu lagu daerah Using yang lawas serta menikmati kuliner tradisional Banyuwangi yang jarang mereka temui.

"Semua orang bisa datang tanpa terkecuali dan ini salah satu cara untuk mengobati kerinduan mereka pada kampung halamannya serta menyambung silaturahmi," tambah Anas.

Ia menjelaskan, Diaspora Banyuwangi ini juga dijadikan ajang untuk berbagi pengalaman para perantau yang telah sukses di perantauannya masing-masing. Kisah sukses mereka diharapkan bisa menjadi motivasi bagi generasi penerus Banyuwangi agar tidak takut mengejar sukses meski jauh dari tanah kelahirannya.

“Membangun daerah itu penting. Tidak harus selalu berada di Banyuwangi, namun dari luar Banyuwangi pun kita tetap bisa berkontribusi untuk memajukan daerah. Minimal menciptakan image baik daerah asal kita. Itu berkontribusi sekali bagi suatu daerah,” pungkas Anas. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.