Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Tiongkok Kunjungi Sulut Langsung dari Macau

Kompas.com - 06/07/2016, 15:00 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Sebanyak 205 wisatawan Tiongkok tiba di Bandar Udara Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara (Sulut), dengan penerbangan langsung dari Macau.

"Puji Tuhan, kita senang karena upaya dua bulan ini berhasil, di mana 205 wisatawan dari Tiongkok tiba dengan selamat di sini," kata Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, saat menyambut para turis di Bandara Sam Ratulangi, seperti dikutip dari Antara, Senin (4/7/2016).

Olly berharap kunjungan wisatawan langsung dari sejumlah kota di Tiongkok bisa berlangsung reguler sehingga target pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dapat tercapai.

"Kan dua bulan sebelum para wisatawan tersebut berkunjung ke Manado, pemandu wisata dari sana sudah datang untuk memastikan keadaan dan melihat-lihat kondisi Sulut, apakah layak dikunjungi atau tidak," katanya.

Olly mengharapkan pula dukungan dari pemerintah kabupaten dan kota di Sulut untuk terlibat dan proaktif mempromosikan kepariwisatawan di daerah nyiur melambai itu.

Dia mengatakan, memang pada saat pemandu wisata datang melakukan survey dua bulan sebelumnya, dan menyampaikan berbagai masukan, pihaknya sudah langsung memerintahkan melakukan perbaikan.

"Pantai-pantai yang masih kurang toiletnya ditambah, demikian juga dengan perbaikan lainnya dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang akan mengunjungi Manado," katanya.

Dia juga mengimbau, seluruh warga Sulut untuk membuat suasana tenang dan aman, agar wisatawan yang datang merasa nyaman saat berada di sini, karena keramahan masyarakat dan kesiapan pemerintah akan menjadi cerita dari mulut ke mulut dan menarik lebih banyak orang datang.

Wisatawan dari Tiongkok datang ke Manado pesawat Boeing 373 dari maskapai Lion Air secara langsung dari Bandara Macau ke Sam Ratulangi.

Para wisatawan Tiongkok tersebut dijadwalkan mengunjungi Bunaken untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya, wisata sejarah ke gereja sentrum dan TITD Ban Hin Kiong, serta patung Tuhan Yesus memberkati di Manado.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com