Makan Malam ala Sultan di Keraton Cirebon, Cukup Bayar Rp 25.000

Kompas.com - 06/07/2016, 16:08 WIB
Nasi bogana menu andalan dari restoran Pawon Bogana. Silvita AgmasariNasi bogana menu andalan dari restoran Pawon Bogana.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

CIREBON, KOMPAS.com - Makan malam di taman dengan penerangan temaram, lengkap dengan dekorasi kereta kencana, kursi ala raja, di area keraton, siapa yang tak mau? Anda bisa merasakan sensasi jadi raja atau ratu semalam hanya dengan biaya Rp 25.000.

Sebab Keraton Kacirebonan membuka restoran bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi makan malam ala keraton. Pawon Bogana adalah restoran yang dikelola Keraton Kacirebonan dan dibuka untuk umum. Restoran ini terletak di kawasan Keraton Kacirebonan, tepatnya di Pulasaren, Kota Cirebon.

"Menu andalan di sini ada nasi bogana. Jadi nasi bogana ini dahulu adalah makanan raja-raja, makanan para Sultan yang resepnya turun temurun," ungkap Edi penangung jawab Restoran Pawon Bogana.

Langsung saja KompasTravel memesan nasi bogana yang direkomendasikan. Tak beberapa lama tibalah nasi bewarna kuning yang dilengkapi berbagai macam lauk. Ada ayam opor kuning, tahu, tempe, dan juga telur rebus.

Silvita Agmasari Dekorasi ala keraton di Restoran Pawon Bogana.

"Banyak orang yang salah, selama ini dikira kalau nasi bogana pakai santan. Sebenarnya tidak, hanya pakai kunyit," kta Edi.

Betul saja, rasa nasi bogana tak seperti nasi kuning yang diolah dengan santan. Kunyit disini berfungsi sebagai pengharum nasi. 

Rasa yang kaya justru berasal dari lauk ayam kampung opor kuning yang dimasak dengan berbagai macam rempah dan santan yang kental. Ditambah suasana malam dan dekorasi ala keraton menambah nasi bogana terasa lebih sedap. 

Saat KompasTravel menyantap makan, Sultan Abdul Ghani, Sultan Keraton Kacirebonan, lewat. Beberapa pengunjung pun sibuk meminta foto bersama Sultan.

Tenyata halaman belakang restoran Pawon Bogona adalah kediaman Sultan, jadi tak heran saat makan di Pawon Bogana, jika beruntung Anda dapat bertemu dan berfoto bersama Sultan Keraton Kacirebonan. 

Silvita Agmasari Bertemu Sultan Abdul Ghani saat bersantap di Restoran Pawon Bogana.

Restowan Pawon Bogana buka dari pukul 12 siang sampai 10 malam. Tak jarang karena area yang luas, setengah indoor dan setengah outdoor, restoran Pawon Boga sering dijadikan tempat berkumpul komunitas.

Soal harga jangan khawatir, meski makan ala keraton, Anda hanya dibanderol Rp 25.000 untuk seporsi nasi bogana, dan Rp 8.000 untuk minuman segar dingin seperti wedang jeruk nipis. 

 

  



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X