8 Tempat WIsata "Anti Mainstream" untuk Akhir Pekan di Bogor

Kompas.com - 09/07/2016, 08:40 WIB
 Jejeran rumah penyimpanan padi di obyek wisata Kampung Budaya Sindang Barang, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Rabu (16/12/2015). Kampung Sindang Barang adalah salah satu obyek wisata yang dikunjungi pada acara Media Trip Ezytravel.co.id KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Jejeran rumah penyimpanan padi di obyek wisata Kampung Budaya Sindang Barang, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Rabu (16/12/2015). Kampung Sindang Barang adalah salah satu obyek wisata yang dikunjungi pada acara Media Trip Ezytravel.co.id "Jalan-Jalan Bogor Seru" 15-16 Desember 2015.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Selain Bandung, Bogor jadi kota favorit warga Jakarta untuk berakhir pekan. Jangan cuma Kebun Raya Bogor, sedikitnya ada delapan destinasi seru yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Dihimpun KompasTravel,  Sabtu (9/7/2016), berikut daftarnya. 

Kampung Budaya Sindang Barang

Kampung Budaya Sindang Barang terletak di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Ini adalah tempat Anda melihat perkampungan Sunda nan bersejarah di Jawa Barat.

KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Warga mengarak padi dan hasil bumi lainnya (helaran dongdang) dari Desa Pasir Eurih menuju Kampung Sindang Barang, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, Minggu (23/1/2011). Arak-arakan ini merupakan rangkaian puncak tradisi Seren Taun Guru Bumi yaitu tradisi tahunan suku Sunda sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen bumi. Acara puncak ditandai dengan memasukkan padi ke dalam lumbung Ratna Inten.

Di sini, wisatawan bisa melihat rumah tinggal ketua adat yang disebut Imah Gede. Anda juga bisa berkeliling dan melihat leuit alias rumah penyimpanan padi. Ada pula penginapan untuk tamu terhormat, atau disebut Bale Pesanggrahan.

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta tak sekadar tempat peribadatan umat Hindu. Pura yang terletak di kaki Gunung Salak, Ciapus, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor ini merupakan yang terbesar kedua di Indonesia setelah Pura Besakih di Bali.

Lokasi Pura Parahyangan Agung Jagatkarta terbilang unik, karena konon, Pakuan Pajajaran Sunda pernah berdiri di lokasi ini. Konon pula, di sinilah Prabu Siliwangi berkumpul bersama prajuritnya. Jangan heran kalau Anda melihat sebuah candi dengan patung macan berwarna putih dan hitam.

Pura ini dibuka untuk umum mulai pukul 11.00-15.00 WIB. Tak perlu tiket masuk, Anda tinggal melepas alas kaki dan memakai selendang di pinggang. Juga tentu saja memakai pakaian yang sopan yaitu tidak bercelana pendek. Kotak donasi tersedia untuk Anda yang ingin membayar seikhlasnya.

Sanggar Wayang Tumaritis

Di seberang Sungai Ciliwung terdapat Sanggar Wayang Tumaritis milik Dase A.S. Di sini, wisatawan bisa melihat langsung proses pembuatan wayang sekaligus membeli oleh-oleh berupa pernak-pernik wayang.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X