Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kebun Raya Bogor Tetap Jadi Pilihan Wisatawan Saat Libur Lebaran?

Kompas.com - 09/07/2016, 09:15 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Momen libur Lebaran dimanfaatkan banyak orang untuk berkunjung ke obyek wisata. Salah satu obyek wisata yang tak pernah sepi pengunjung tiap tahunnya adalah Kebun Raya Bogor.

Walau terbilang destinasi wisata yang mainstream di Bogor, Kebun Raya Bogor masih menjadi favorit wisatawan. Apa alasan di balik daya tarik kuat dari Kebun Raya Bogor?

"Di sini (Kebun Raya Bogor) enak untuk santai bersama anak-anak. Harganya juga masih terjangkau," ungkap Holidah, wisatawan dari Srengseng, Jakarta Barat, yang KompasTravel temui di Kebun Raya Bogor Jumat (8/6/2016).

Ada juga Leo dari Cibinong yang datang bersama keluarga. "Kebun Raya Bogor dekat, biar tak kena macet tadi saya datang menggunakan angkot. Tiketnya juga masih terjangkau. Saya di sini untuk santai santai saja," kata Leo.

Kebun Raya Bogor memang terbilang dekat dengan Jakarta. Hingga tak heran mayoritas mobil yang diparkir di bahu jalan Kebun Raya Bogor saat libur Lebaran didominasi plat B.

Untuk berkunjung ke Kebun Raya Bogor, wisatawan juga dapat menaiki alternatif angkutan umum yakni KA Commuter jurusan Bogor yang dibanderol tarif tak sampai 10.000.

Setelahnya, pengunjung hanya tinggal berjalan kaki menuju Kebun Raya Bogor. Harga tiket masuk ke Kebun Raya Bogor dibanderol Rp 14.000 per orang.

Di Kebun Raya yang memiliki luas 87 hektar ini, pengunjung dapat menikmati keindahan Taman Sudjana Kassan, Taman Meksiko, Griya Anggrek, koleksi tanaman air, melihat Istana Bogor, Jembatan Gantung, dan melihat Bunga Bangkai (jika sedang musim).

Lelah berjalan kaki, pengunjung dapat menyewa sepeda keliling dengan tarif Rp 5.000 atau ikut berkeliling dengan mobil wisata yang telah disediakan oleh pihak Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Bogor dibuka dari pukul 07.30 sampai pukul 17.00 setiap harinya.

Dibuka dari tahun 1817, Kebun Raya Bogor tetap menjadi primadona wisata di Bogor. Libur Lebaran hari kedua, Kamis (7/7/2016) tahun 2016 ini tercatat ada 12.725 wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Data tersebut diungkapkan Sutarno, Kasubag Kepegawaian dari Kebun Raya Bogor yang ditemui KompasTravel pada Jumat (8/7/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com