Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mudah Cari Parkir di Kebun Raya Bogor

Kompas.com - 09/07/2016, 11:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Berkunjung ke Kebun Raya Bogor, kini tak lagi seperti dulu. Jalan Ir H Djuanda, Jalan Jalak Harupat, dan Jalan Otto Iskandardinatta, yakni jalan yang mengelilingi Kebun Raya Bogor saat ini diberlakukan sistem satu arah sejak bulan April 2016.

(Baca juga: Mengapa Kebun Raya Bogor Tetap Jadi Pilihan Wisatawan Saat Libur Lebaran?)

"Karena sistem satu arah ini, banyak pengunjung belum terbiasa. Jadi susah juga untuk mencari tempat parkir kendaraan, pengunjung tak boleh memutar balik lagi," ungkap Sutarno Kasubag Kepegawaian Kebun Raya Bogor yang KompasTravel temui langsung di Kebun Raya Bogor, Jumat (8/6/2016).

Tempat parkir kendaraan di Kebun Raya Bogor memang sangat minim. Menurut Sutarno hanya tersedia 60 slot parkir untuk mobil dan untuk kendaraan roda dua. Di gedung konservasi dapat menampung 1.000 kendaraan.

Masalahnya, jumlah tempat parkir tersebut berbanding jauh dengan jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor pada musim libur seperti libur Lebaran. Data Kebun Raya Bogor mencatat hari kedua libur Lebaran saja, Kamis (7/7/2016) ada 12.725 pengunjung.

Tak heran akhirnya kendaraan pengunjung Kebun Raya Bogor memenuhi bahu jalan dan menambah kepadatan lalu lintas. Sutarno menyarankan hal lain Jika menggunakan kendaraan pribadi.

"Pengunjung bisa lewat pintu empat, di seberang kampus Institut Pertanian Bogor. Bisa parkir di IPB, nanti jalan sedikit ke pintu masuk," ungkap Sutarno.

Bagi kendaraan roda dua, Anda juga dapat memanfaatkan lahan parkir di Bogor Trade Mall yang jaraknya tak jauh dari pintu masuk satu Kebun Raya Bogor. Namun demikian, alternatif paling baik dan murah adalah menumpang kendaraan umum.

Untuk berkunjung ke Kebun Raya Bogor, wisatawan juga dapat menaiki alternatif angkutan umum yakni KA Commuter jurusan Bogor yang dibanderol tarif tak sampai 10.000.

Setelahnya, pengunjung hanya tinggal berjalan kaki menuju Kebun Raya Bogor. Harga tiket masuk ke Kebun Raya Bogor dibanderol Rp 14.000 per orang.

Di Kebun Raya yang memiliki luas 87 hektar ini, pengunjung dapat menikmati keindahan Taman Sudjana Kassan, Taman Meksiko, Griya Anggrek, koleksi tanaman air, melihat Istana Bogor, Jembatan Gantung, dan melihat Bunga Bangkai (jika sedang musim).

Lelah berjalan kaki, pengunjung dapat menyewa sepeda keliling dengan tarif Rp 5.000 atau ikut berkeliling dengan mobil wisata yang telah disediakan oleh pihak Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Bogor dibuka dari pukul 07.30 sampai pukul 17.00 setiap harinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com