7 Kuliner Wajib Coba di Bogor, Bakso Kikil Sampai Bir Kotjok

Kompas.com - 09/07/2016, 15:04 WIB
Bakso Kikil Pak Jaka di Jalan Suryakencana nomor 287, Bogor, Jawa Barat.
KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ABakso Kikil Pak Jaka di Jalan Suryakencana nomor 287, Bogor, Jawa Barat.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Akhir pekan ini, tak ada salahnya menyambangi Bogor untuk berwisata kuliner. Banyak makanan dan minuman khas bisa ditemui di banyak lokasi antara lain Jalan Suryakencana, Jalan Raya Bangbarung, Jalan Pandu Raya, juga kawasan Air Mancur yang merupakan pertemuan Jalan Sudirman dan Jalan Ahmad Yani.

Dihimpun KompasTravel, Sabtu (9/7/2016), berikut beberapa kuliner khas Kota Hujan yang bisa jadi referensi untuk akhir pekan ini. 

Bakso Kikil Pak Jaka

Tak ada yang istimewa saat melihat gerobak bakso ini. Namun, Bakso Kikil Pak Jaka yang terletak di perempatan Gang Aut, Jalan Suryakencana No 287, ini tak pernah sepi pembeli.

Di bagian atas gerobak terdapat kotak berisi kikil dan potongan daging segar. Meski sederhana, citarasa bakso kikil tak bisa diragukan. Seporsi bakso urat lengkap dengan kikil dijamin bikin nagih.

Selain Bakso Kikil Pak Jaka, ada beberapa gerai bakso lainnya yang terkenal nikmat. Bakso PMI misalnya, terkenal dengan bakso rudal "raksasa" yang kaya akan daging. Gerai Bakso PMI terletak di Jalan Pandu Raya.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Lezatnya bakso PMI yang memiliki kulit bakso sangat tipis, sehingga gilingan kasar urat sapi sangat terlihat, ketika dibelah maupun belum.

Ada pula Bakso Jaja, yang sudah buka sejak 1980. Di sini, bakso kuah dimakan bersama mie kering yang diracik dengan bumbu khusus. Gerai Bakso Jaja berlokasi di Jalan KH Soleh Iskandar, tempat di samping kiri Universitas Ibnu Kaldun.

Soto Mie Bogor

Jika ada jenis makanan yang paling identik dengan Bogor, bisa jadi adalah soto mie. Campuran mie kuning, bihun dan kroket ini disiram kuah bening lengkap dengan potongan tomat, lobak, dan kol. Tak lupa potongan kikil dan daging sapi yang membuat semangkuk soto mie menjadi sangat nikmat.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Soto Mie khas Bogor, dapat ditemui di banyak tempat di kota hujan. Cirikhasnya menggunakan kroket goreng yang kering, sehingga menghasilkan citarasa renyah ketika dimakan.

Salah satu gerai soto mie paling terkenal di Bogor adalah Soto Mie Abeh yang terletak di Ruko Perumahan Taman Yasmin, Sektor Satu, Kelurahan Cilandek Barat, Kecamatan Bogor Barat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X