Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Gembira, Melancong Ke Australia Akan Lebih Mudah

Kompas.com - 10/07/2016, 08:02 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Australia tengah mempermudah proses aplikasi visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI). Sejak 1 Desember 2015, WNI yang ingin berkunjung ke Australia bisa mengajukan visa multiple entry yang berlaku sampai tiga tahun.

Multiple entry berarti Anda bisa masuk dan keluar negara tersebut selama batas waktu yang ditentukan, tanpa harus mengajukan aplikasi visa lagi.

(Baca: WNI Bisa Ajukan Visa "Multiple Entry" 3 Tahun ke Australia)

Selain itu, pemerintah Australia akan mempermudah aplikasi visa bagi warga Indonesia. Rencana tersebut akan mulai dilakukan pada 2017 mendatang, seperti yang dibicarakan dalam Pekan Bisnis Indonesia-Australia di Jakarta baru-baru ini. 

Agenda tersebut dihadiri oleh beberapa petinggi pemerintah Australia. Antara lain Peter Dutton selaku Menteri Imigrasi dan Perlindungan Perbatasan Australia, Andrew Robb selaku Menteri Perdagangan dan Investasi Australia, juga Richard Colbeck selaku Menteri Pariwisata dan Pendidikan Internasional.

"Prakarsa ini akan menguntungkan Indonesia dan Australia seiring dengan upaya kami untuk memajukan hubungan bisnis dan wisata yang lebih kukuh antara kedua negara," tutur Peter Dutton dalam jumpa pers di Kedutaan Besar Australia di Indonesia. 

Saat ditemui di kediaman Duta Besar Paul Grigson di Jakarta, Colbeck mengatakan, "Visa ini ditujukan bagi pemohon visa pengunjung ke Australia dengan durasi tinggal maksimal tiga bulan."

Ini berarti, Anda bisa bebas keluar masuk Australia selama tiga tahun. Dengan catatan, lamanya kunjungan maksimal tiga bulan untuk sekali kedatangan. 

Colbeck juga menuturkan, visa ini berlaku untuk semua WNI. Pada 2017 mendatang, pemerintah Australia akan memperluas pengajuan permohonan visa online sehingga pengajuannya akan lebih sederhana. 

Nantinya, pengajuan visa online akan bisa diakses 24 jam. Fitur pembayaran akan diperbaharui, juga kemudahan dalam memeriksa status pengajuan visa.

Negeri Kanguru ini menyuguhkan banyak jenis wisata, dari alam sampai belanja dan kuliner. Beberapa kota favorit turis Indonesia adalah Sydney, Melbourne, dan Perth. Di Sydney, turis bisa menyambangi Opera House yang terkenal serta memanjat Sydney Harbour Bridge.

Melbourne terkenal sebagai kota hipster dengan deretan kedai kopi nan fotogenik. Sementara Perth punya destinasi alam seperti Rottnest Island yang dihuni hewan imut quokka serta deretan pantai yang sangat indah.

Pada 2014, lebih dari 150.000 WNI berkunjung ke Australia. Jumlah ini meningkat enam persen dibanding tahun sebelumnya, dan mendulang devisa sebesar 600 juta dollar Australia (sekitar Rp 6 triliun) bagi perekonomian Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com