Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Oleh-oleh Kuliner Klasik Bogor yang Wajib Dibawa Pulang

Kompas.com - 10/07/2016, 11:04 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com - Usai menyambangi berbagai tempat dan berwisata kuliner di Bogor, saatnya membeli oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat. Lima oleh-oleh khas nan "legendaris" ini bisa jadi pilihan. Dihimpun KompasTravel, Sabtu (9/7/2016), berikut daftarnya.

Roti Unyil

Bukan rahasia lagi, Roti Unyil menjadi buah tangan favorit saat berwisata ke Bogor. Roti berukuran mungil ini punya beragam varian rasa, dari manis sampai asin. Keju cokelat, pisang cokelat, dan sosis keju adalah beberapa varian favorit.

Gerai paling terkenal adalah Roti Unyil Venus punya beberapa gerai, salah satunya di Jl Siliwangi Nomor 27, Baranangsiang, Bogor Timur. Gerai ini buka mulai pukul 06.00-21.00 WIB. Harga rotinya berkisar Rp 1.450 per buah.

Asinan

Tak lengkap berkunjung ke Bogor tanpa membawa asinan sebagai buah tangan. Untuk asinan legendaris yang bercitarasa nikmat, datanglah ke Asinan Sedap Gedung Dalam yang berlokasi di Jalan Siliwangi Nomor 27C atau Jalan Pajajaran Nomor 1. 

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Asinan Sedap Gedung Dalam, Bogor yang selalu ramai pengunjung pada akhir pekan.

Ada dua jenis asinan yakni buah dan sayur. Gerai Asinan Sedap Gedung Dalam sudah buka sejak 1978, sehingga resepnya diturunkan antar generasi. Selain asinan, Anda juga bisa membeli minuman manisan buah seperti mangga dan salak. Satu porsi asinan dibanderol mulai Rp 19.000-22.000. 

Apple Pie 

Meski bukan makanan "klasik" seperti asinan, Bogor punya makanan yang digemari semua kalangan yakni Apple Pie. Untuk citarasa Apple Pie yang nikmat, bertolaklah ke Jalan Pangrango Nomor 10.

Pia Apple Pie, begitu nama restoran tersebut. Apple Pie dibanderol mulai dari Rp 39.000-65.000. Selain apel, ada pula pie dengan isian stroberi dan keju.

Selain membawa pulang Apple Pie, wisatawan juga bisa nongkrong sambil minum kopi atau teh. Restoran Pia Apple Pie memang homey sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama.

Bolu Lapis

Talas adalah salah satu hasil bumi andalan Kota Hujan. Selain membelinya langsung, Anda juga bisa membawa pulang berbagai jenis olahan talas. Bolu lapis adalah salah satu makanan yang paling digemari wisatawan.

Arahkan kendaraan Anda menuju Jalan Raya Sholeh Iskandar. Di sana terdapat gerai Bolu Lapis Sangkuriang, sponge cake yang berbahan dasar talas Bogor.

Anda bisa memilih beragam topping mulai dari keju sampai choco chip. Harganya pun tidak mahal, Rp 28.000-35.000 per kotak.

Makaroni Panggang

Makaroni Panggang. Nyam, mendengar namanya saja sudah menggugah selera. Sesuai namanya, makaroni berisikan potongan daging dan krim ini dipanggang dengan limpahan keju di atasnya. Tak heran, Makaroni Panggang selalu diincar oleh wisatawan saat liburan ke Kota Hujan. 

KOMPAS.com / FITRI PRAWITASARI Makaroni Panggang

Gerai Makaroni Panggang terletak di Jalan Salak No 24, Babakan, Bogor Tengah. Makaroni Panggang dijual dalam tiga ukuran: Small, Medium, dan Large. Harganya mulai dari Rp 23.000-210.000. 

Selain makaroni, Anda juga bisa mencicipi Cinnamon Cake yang harum dan nikmat. Aneka minuman mulai dari susu murni, juice, sampai Es Goyobod juga tersedia di gerai ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com