Usai Liburan Malah Tidak Produktif di Kantor? Simak Cara Atasi "Post Vacation Blues"

Kompas.com - 12/07/2016, 17:41 WIB
Lakukan apa yang Anda suka sebagai waktu untuk menghibur diri ShutterstockLakukan apa yang Anda suka sebagai waktu untuk menghibur diri
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika pada weekday kedua ini Anda masih merasa malas, melankolis, mengingat-ingat betapa serunya liburan kemarin, maka besar kemungkinan Anda terkena post vacation blues.

Banyak orang mengalami post vacation blues. Perasaan "berat" usai liburan panjang ketika mengingat file skripsi, tugas, atau tumpukan email pekerjaan. Belum lagi macetnya lalu lintas, serta rentetan agenda meeting yang harus dilakukan. 

Post vacation blues tidak bisa diremehkan. Selain menurukan produktivitas, hal tersebut juga bisa berdampak depresi jika dibiarkan dalam waktu lama. Hal tersebut diungkapkan Melinda Beck, penulis kolom kesehatan di situs berita Wall Street Journal.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi post vacation blues. Dihimpun KompasTravel, Selasa (12/7/2016), berikut daftarnya. 

Unggah foto ke sosial media

Saat traveling, janganlah Anda mengunggah foto terus-menerus di media sosial. Hal itu akan mengganggu agenda jalan-jalan Anda. Simpanlah beberapa foto untuk diunggah kemudian hari, di sela-sela waktu kerja saat ini misalnya. 

Hal itu diungkapkan Rita Anya Nara, penulis buku "The Anxious Traveler' seperti dikutip dari situs berita Huffington Post. Rita menegaskan, menggunggah fotodi media sosial akan membantu Anda melepas post vacation blues sedikit demi sedikit.

Olahraga

Mungkin Anda tidak menyadari, traveling membuat tubuh bergerak lebih banyak. Itulah mengapa Anda merasa lebih sehat dan fit saat jalan-jalan.

Oleh karena itu, imbangilah dengan berolahraga. Anda bisa mampir ke gym sebelum atau setelah jam kerja. Berolahraga di taman kota atau berenang juga bisa jadi pilihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X