Wisata ke Pulau Bangka? Ini 6 Destinasi Unggulan

Kompas.com - 16/07/2016, 16:07 WIB
KOMPAS.COM/HERU DAHNUR Suasana pantai di Pulau Ketawai, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung.

KOMPAS.com - Liburan ke Bangka adalah pilihan yang tepat, sebab selain mudah diakses, Bangka memiliki atraksi dan akomodasi yang terbilang siap untuk wisatawan.

Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi dalam jumpa pers Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (15/7/2016) tak lupa mempromosikan daerah Bangka, Negeri Serumpun Sebalai.

Berikut adalah enam destinasi wisata di Pulau Bangka, rekomendasi dari Rustam:

1. Pantai Matras

Di Kota Sungailiat, Bangka ada banyak pantai yang terkenal seperti Tanjung Pesona, Parai, dan Matras. Pantai Matras banyak menjadi pilihan karena ini adalah pantai umum alias bukan milik hotel atau resor.

Biaya retribusi di Pantai Matras terbilang murah. Meski murah, Matras memiliki pemandangan pasir putih dengan air laut yang biru. Di sekitar Pantai Matras banyak pondok penjual makanan sehingga tak perlu khawatir kelaparan setelah lelah bermain air.

2. Pagoda Vihara Pantai Tikus

Masyarakat sekitar lebih akrab dengan sebutan Kuil Shaolin ketimbang Pagoda Vihara Pantai Tikus. Seperti namanya, tempat ini adalah umat ibadah umat Buddha.

Meski begitu Vihara yang terletak di Kota Sungailiat ini sangat menarik untuk dikunjungi karena lokasinya yang berada di atas tebing yang langsung menghadap ke pantai. Selain itu bangunan beraksitektur China dengan ukuran megah, membuat wisatawan takjub.

3. Pulau Ketawai

Pulau Ketawai berada di Bangka Tengah. Untuk menjangkau Pulau Ketawai, wisatawan perlu menyewa perahu nelayan. Pulau ini terkenal akan pasirnya yang putih, air laut yang jernih, dan terumbu karang dalam kondisi baik.

4. Tempat pengungsian Soekarno dan Hatta di Muntok

Halaman:


EditorNi Luh Made Pertiwi F

Close Ads X