Kompas.com - 16/07/2016, 18:05 WIB
Pendaki melewati jalur pendakian dekat kawah Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Rabu (1/6/2016). Gunung Talang masih berkategori sebagai gunung berapi aktif yang tercatat terakhir meletus pada tahun 2007. Kawah gunung masih mengepulkan asap belerang. KOMPAS.com / Wahyu Adityo ProdjoPendaki melewati jalur pendakian dekat kawah Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Rabu (1/6/2016). Gunung Talang masih berkategori sebagai gunung berapi aktif yang tercatat terakhir meletus pada tahun 2007. Kawah gunung masih mengepulkan asap belerang.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

SOLOK, KOMPAS.com - Gunung Talang di Solok, Sumatera Barat punya beragam lanskap yang bisa dinikmati. Dari hamparan awan, matahari terbit, hingga pesona tiga danau yakni Danau Di Atas, Danau Di Bawah, dan Danau Talang.

Gunung Talang masih berkategori sebagai gunung berapi aktif yang tercatat terakhir meletus pada tahun 2007. Kawah dari gunung yang berketinggian 2.597 meter di atas permukaan laut (mdpl) masih mengepulkan asap belerang.

(Baca juga: Mendaki Gunung Talang, Pesona Tiga Danau di Bumi Rendang)

Di balik status gunung api tersebut, Gunung Talang bisa menjadi opsi pendakian gunung di Sumatera Barat selain Gunung Marapi dan Singgalang. Nah sebelum mulai mendaki, simak beberapa tips untuk pendaki yang ingin mendaki Gunung Talang melewati jalur Ai Batumbuk.

Jalur pendakian

Gunung Talang bisa didaki melalui dua jalur yakni Bukit Sileh Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok dan Ai Batumbuk di Kecamatan Gunung Talang, Solok. Pendaki bisa melewati jalur Ai Batumbuk karena tergolong ramah untuk pemula.

Jika melewati jalur Ai Batumbuk, pendaki akan menempuh perjalanan selama sekitar empat jam. Sepanjang jalan terdapat total plat besi penunjuk jalan berwarna merah yang disebut rambu (R) sebanyak 54 buah.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Sumber air yang mengalir terus menerus di kaki Gunung Talang jalur Ai Batumbuk, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Rabu (1/6/2016). Pendaki bisa mendapatkan air bersih di R6 secara gratis.
Ketersediaan air

Tak perlu khawatir untuk mendapatkan air di Gunung Talang. Pendaki bisa mendapatkan air bersih di R6 secara gratis.

Selain di R6, pendaki juga bisa mendapatkan air di sekitar lahan kemah R54. Namun, aliran air di sekitar R54 tak selalu mengalir karena tergolong sumber air musiman.

Alas kaki sepatu

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.