Kompas.com - 21/07/2016, 20:08 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, siap menembus pasar internasional pada tahun 2020. Obyek wisata yang dibangun tahun 1966 ini menargetkan diri menjadi obyek wisata kelas wahid untuk menarik lebih banyak wisatawan mancanegara, terutama dari ASEAN.

"Ini untuk mengaungkan Ancol sebagai destinasi wisata yang ada di Jakarta. Kami terus melakukan improvement mulai dari pelayanan, wahana, juga sarana dan prasarana," kata Humas Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari di acara Halal Bihalal Taman Impian Jaya Ancol, Bandar Jakarta, Kamis (21/7/2016)

Bukan cuma impian semata, Ancol kini mulai berbenah dan menyusun strategi agar dapat Go Internasional. Rika menyebutkan beberapa contoh, di antaranya adalah penambahan sanitasi seperti toilet dan tempat bilas di pantai, penambahan fasilitas untuk pengunjung berkebutuhan khusus, panggung mengapung, penambahan wahana Aqua Fun juga rencana pengembangan Dunia Fantasi.

KOMPAS IMAGES/RDOERICK ADRIAN MOZES Maskot Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol, Dufan, menari bersama pengunjung, Jakarta, Minggu (6/2/2011).

"Masih dalam tahap perencanaan, nantinya Dufan akan diekstensi dengan nama Ocean Fantasy. Letaknya di sebelah Dufan yang saat ini dan diperkirakan luasnya juga akan sama, sekitar 30 hektar. Tahun 2020 diperkirakan selesai," kata Rika.

Data pengunjung Taman Impian Jaya Ancol tahun 2015 mencatat ada 17,5 juta pengunjung. Dengan dominasi 85-90 persen kunjungan wisatawan domestik. Sedangkan wisatawan mancanegara hanya mencapai 10-15 persen.

Dari segi lokasi, Ancol sebenarnya memiliki potensi besar menarik wisatawan mancanegara. Melihat beberapa lokasi atraksi wisata buatan dunia sebenarnya juga berada di ibukota. Contohnya Garden By The Bay di Singapura dan Disneyland Tokyo di Jepang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.