Akhir Pekan, Lepaskan Rindu Kuliner Tradisional di Pasar Kangen Jogja

Kompas.com - 24/07/2016, 09:02 WIB
Pasar Kangen Yogyakarta Tribun Jogja/ Hamim ThohariPasar Kangen Yogyakarta
EditorNi Luh Made Pertiwi F

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Event tahunan Pasar Kangen Yogyakarta kembali digelar pada 19 hingga 27 Juli 2016 di halaman Taman Budaya Yogyakarta (TBY).

Tahun ini ada 68 stan kuliner tradisi yang menyajikan sensasi bagi kawula muda dan nostalgia bagi orangtua. Selain itu juga diramaikan 51 stand kerajinan dan barang lawasan yang mampu membawa memori dan kenangan masa-lalu tentang kota Yogyakarta.

Ong Hariwahyu selaku ketua panitia Pasar Kangen 2016 mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memberikan ruang kepada pelaku seni tradisi di Jogja.

Untuk gelaran tahun ini, pelaksanaannya mencoba menitikberatkan untuk mengembalikan khitah Pasar Kangen Jogja yang memang dilangsungkan untuk memberikan ruang kepada mereka yang masih memegang teguh nilai-nilai tradisi.

“Kami melakukan seleksi ketat untuk pengisi stand kuliner, agar kuliner yang hadir memang yang benar-benar tradisi khas Jogja. Selama pelaksanaannya penjaga standnya diwajibkan mengenakan pakaian tradisi juga, ini yang membedakan dengan tahun-tahun sebelumnya, “ ujar Ong Hariwahyu

Berbagai jenis kuliner tradisional yang mampu membangkitkan nostalgia terhadap Yogyakarta pada masa lalu dihadirkan dalam acara ini. Di antaranya gatot, lopis, ketan, tiwul, cenil, wedang uwuh, pecel ndeso, sate koyor, oseng-oseng bledhek, bothok, pepes, dan masih banyak lagi. (Tribun Jogja/Hamim Thohari)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X