Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Oleh-oleh Khas Solo? Coba Kunjungi Pasar Klewer...

Kompas.com - 25/07/2016, 09:50 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

SURAKARTA, KOMPAS.com - "Jangan lupa oleh-oleh ya.." ; "Beliin dong oleh-oleh kalau pulang." Kata-kata itu mungkin sering dilontarkan rekan-rekan ketika mengetahui Anda sedang jalan-jalan ke suatu tempat.

Nah, jika Anda sedang pelesiran ke Kota Solo, Jawa Tengah, Anda tak perlu bingung untuk mencari oleh-oleh. Anda bisa menemukan oleh-oleh dari produk batik hingga makanan di Pasar Klewer Sementara.

Beragam jajajan ringan bisa dibeli di Pasar Klewer Sementara untuk reka-rekan atau keluarga Anda. Mulai dari jajanam dengan rasa asin, manis, hingga gurih tersedia di Pasar Klewer.

Oleh-oleh jajajan di Pasar Klewer Sementara bisa ditemukan di Blok D. Pilihan jajajan ditumpuk oleh penjual di kios-kios yang ditempati.

Tenang, Anda bisa mendapatkan jajajan seperti dodol, jenang, onde-onde, enting-enting kacang, ampyang jahe, intip, belut goreng, keripik tempe sagu, keripik bayem, belut, gemplak, dodol, bakpia, dan aneka jajajan lain.

Salah satu penjual oleh-oleh di Pasar Klewer Sementara yakni Wadiyem yang menjajakan jajanan tersebut.

"Kalau keripik bayam harganya sekitar Rp 5.000. Yang lain paling mahal Rp 25.000," kata Wadiyem kepada KompasTravel, Sabtu (23/7/2016).

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Lorong penjual oleh-oleh di Pasar Klewer, Sabtu (23/7/2016). Wisatawan bisa menemukan aneka oleh-oleh jajanan di Blok D Pasar Klewer Sementara.
Jajanan lain seperti dodol dijual oleh pedagang dengan satuan kilo. Satu kilo dodol dijual mulai dari harga Rp 15.000 - Rp 20.000.

Ada jajanan wajib beli ketika ke Solo seperti penganan renyah, intip yang terbuat dari nasi dan digoreng lalu dilumuri gula merah. Intip dijual dari harga Rp 7.500 untuk ukuran besar dan ukuran kecil dengan isi enam buah.

Pasar Klewer sangat dikenal sebagai pusat perdagangan tekstil batik serta produknya. Pasca kebakaran tahun 2014, kini Pasar Klewer Sementara hadir di Alun-Alun Utara Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Pasar Klewer Sementara buka mulai pukul 08.00 dan tutup pada pukul 17.00 WIB. Jangan lupa asah kemampuan menawar Anda sebelum berbelanja di Pasar Klewer Sementara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com