Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Wajib Anda Tahu soal Asuransi Perjalanan

Kompas.com - 25/07/2016, 14:01 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com - Banyak turis Indonesia memertanyakan pentingnya asuransi perjalanan. Pada dasarnya, asuransi perjalanan berguna untuk melindungi diri Anda saat terjadi kecelakaan atau risiko-risiko buruk dalam perjalanan.

Banyak negara yang mewajibkan turisnya memiliki asuransi perjalanan sebelum tiba di negara tersebut. Negara-negara Eropa dan Amerika sudah pasti mewajibkan Anda punya asuransi perjalanan.

KompasTravel menghimpun beberapa hal yang wajib Anda tahu soal asuransi perjalanan.

Jenis asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan mencakup banyak jenis, yang paling umum adalah internasional. Asuransi ini melindungi Anda dari risiko medis dalam kurun waktu yang ditentukan. Ada pula asuransi tahunan, yang meng-cover perjalanan domestik maupun internasional dengan berbagai keperluan sepanjang tahun.

Ada perusahaan yang menyediakan asuransi khusus haji dan umrah, serta asuransi domestik yang melindungi seluruh perjalanan di Indonesia. Ada pula student assist yakni asuransi khusus mahasiswa yang menjalani pendidikan di luar negeri.

Cara mendaftar asuransi perjalanan

Kini, Anda tak perlu datang ke kantor asuransi hanya untuk mendaftar travel insurance. Beberapa perusahaan seperti ACA, AIG, AXA dan ACE melayani pendaftaran asuransi perjalanan via online.

Caranya mudah. Anda tinggal masuk ke situs asuransi perjalanan tersebut, mengisi data diri, negara tujuan dan lamanya perjalanan. Anda bisa memilih asuransi jenis apa yang akan diambil. Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk pembayaran premi asuransi. 

Harga dan tanggungan

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Julian Noor mengatakan, premi yang dikeluarkan untuk asuransi travel cenderung kecil dibanding total biaya perjalanan.

"Buat mereka yang traveling, itu preminya hanya sepersekian persen. Tidak sampai satu persen dari biaya perjalanan mereka," tutur Julian kepada KompasTravel. 

Harga serta tanggungan asuransi perjalanan beragam, tergantung perusahaan yang kita ambil.

Asuransi Central Asia (ACA) misalnya, punya asuransi jenis executive seharga 21 dollar AS dengan tanggungan senilai 50.000 Euro. Asuransi jenis executive ini wajib dimiliki oleh wisatawan yang ingin mengunjungi Eropa. 

"Schengen wajib travel insurance. Kalau negara-negara Asia harganya 12 dollar AS per minggu," tutur Sugiarto, Travel Insurance Product Owner ACA kepada KompasTravel beberapa waktu lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com