Kompas.com - 25/07/2016, 20:06 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini pesawat menjadi alat transportasi favorit untuk traveling. Meski begitu, tak sedikit orang yang mengalami ketakutan saat naik pesawat.

Kolumnis travel James Wysong berkisah dalam artikelnya yang dimuat di situs NBC News. Pada sebuah penerbangan, ia bertemu seorang pria yang membawa backpack besar kemudian menyimpannya di bawah bangku. 

Dari hasil obrolan mereka, rupanya pria tersebut mengaku takut naik pesawat. Namun fobia itu sudah bisa dia atasi.

Ketika James bertanya bagaiamana cara mengatasinya, sang pria berkata, "Saya membawa parasut dalam setiap penerbangan."

Setiap orang punya level ketakutan tersendiri saat naik pesawat. Dalam artikel James di NBC News yang dikutip KompasTravel, sedikitnya satu dari enam orang dewasa mengidap aviophobia atau aerophobia. 

Bahkan, 35 persen awak kabin termasuk pramugari dan pilot juga mengalami ketakutan yang sama. Ketakutan saat naik pesawat bisa muncul dari berbagai hal seperti ketinggian, suara-suara aneh, situasi yang ramai, bahkan terorisme.

Namun bukan berarti ketakutan itu beralasan. Jika Anda harus naik pesawat dengan ketakutan tersebut mengawang-ngawang di atas kepala, berikut tips yang bisa dilakukan.

Pilih kursi di kabin bagian depan

Saat check in pesawat, pilihlah kursi di kabin bagian depan. Turbulensi atau goncangan akan lebih terasa jika Anda duduk di bagian belakang. Lebih besar pesawatnya, lebih minim terasa goncangannya.

Anggap turbulensi seperti jalanan rusak

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.