Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedongsongo Akan Dilengkapi Rumah Suvenir dan Jalur Berkuda

Kompas.com - 25/07/2016, 21:06 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Pemkab Semarang terus memoles kawasan wisata Candi Gedongsongo, Bandungan agar lebih cantik dan lebih menarik bagi wisatawan.

Dalam perencanaan, sejumlah fasilitas di candi peninggalan Wangsa Syailendra abad ke-9 ini akan dilengkapi di antaranya meliputi huruf timbul (giant letter), rumah kaca (green house), rumah suvenir dan jalur berkuda.

"Tahun ini kami alokasikan dana Rp 1,4 miliar untuk mengembangkan kawasan Gedongsongo," ungkap Bupati Semarang Mundjirin, Senin (25/7/2016) siang.

Diakui Mundjirin, Candi Gedongsongo menjadi skala prioritas dalam pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Semarang.

Namun selain Candi Gedongsongo, masih ada tiga destinasi wisata lagi yang menjadi prioritas untuk dikembangkan, yakni meliputi Pemandian Muncul di Banyubiru, Umbul Senjoyo di Tengaran, dan Gumuk Brawijaya di tepian Rawapening, Banyubiru.

"Tahap selanjutnya, setelah tahun ini kami akan alokasikan dana Rp 25 miliar untuk melengkapi fasilitas di Candi Gedongsongo," imbuhnya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Semarang, Partono mengungkapkan, pengembangan Candi Gedongsongo akan dikerjakan dalam dua tahap.

Tahap pertama akan dimulai tahun 2016 ini, meliputi pengaturan lanskap giant letter, pembangunan loket dan ruang informasi, serta pembangunan rumah suvenir untuk pedagang kaki lima. Sedangkan tahap kedua, masih dalam perencanaan pada tahun 2017.

"Tahap pertama, tinggal eksekusi saja. Untuk jalur kuda itu masuk pembangunan tahap kedua," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com