Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan ke Solo "Budget" Rp 1 Juta? Intip Panduan Ini...

Kompas.com - 27/07/2016, 09:07 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

SURAKARTA, KOMPAS.com – Bingung memilih destinasi liburan murah? Solo bisa jadi pilihan tempat liburan bersama rekan perjalanan.

Dari wisata kuliner, sejarah, hingga wisata “anti mainstream” lain bisa Anda lakukan di Solo. Pasar Gede,  sentra-sentra industri di daerah Sukoharjo, hingga oleh-oleh di daerah Pasar Klewer adalah pilihan obyek-obyek wisata yang bisa Anda kunjungi.

Nah, berapakah biaya yang dibutuhkan untuk liburan di Solo selama tiga hari dua malam? KompasTravel menyusun rekomendasi biaya berdasarkan perjalanan dua hari tiga malam dengan budget sekitar Rp 1 juta-an.

Jika Anda dari Jakarta, untuk pilihan transportasi, bisa menggunakan Kereta Api Bengawan tujuan Pasar Senen – Purwosari dengan biaya sekitar Rp 74.000 sekali jalan. Anda bisa turun di Stasiun Solobalapan untuk melanjutkan perjalanan ke pusat Kota Solo.

Sementara untuk penginapan, Anda bisa memilih hotel bintang dua dan tiga di dekat pusat Kota Solo seperti Red Planet Solo, Asia, atau Bintang Solo. Hotel bintang dua dan tiga di Kota Solo mulai dari Rp 200.000 per malam.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Penjual nasi tumpang, Harini (62) menyajikan nasi tumpang di Pasar Gede Hardjonagoro, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/7/2016). Nasi tumpang merupakan kombinasi olahan tempe busuk, tahu, dan daun bayam rebus.
Biaya transportasi di dalam Kota Solo, Anda bisa memilih transportasi seperti taksi atau becak. Untuk taksi, ada beberapa operator yang memberlakukan tarif jauh atau dekat Rp 25.000 tetapi ada pula yang menggunakan argo.

Urusan wisata kuliner, Anda bisa pergi ke Pasar Gede Hardjonagoro pada pagi hari untuk sarapan dan makan siang. Kuliner seperti lenjongan, nasi tumpang, es dawet telasih, dan brambang asem di Pasar Gede berkisar Rp 4.000 – Rp 8.000 sekali makan.

Pada malam hari Anda bisa menyantap kuliner seperti angkringan di Jalan Slamet Riyadi dengan harga mulai dari Rp 5.000 sekali makan. Sambil bersantai, ada juga pilihan wedang ronde dekat Bundaran Patung Slamet Riyadi dengan harga sekitar Rp 8.000.

Untuk pilihan kuliner lain seperti sate buntel, sate kambing, tengkleng, maupun gule. Harga kuliner itu berkisar Rp 20.000 – Rp 35.000 per porsi.

Untuk pilihan kegiatan, Anda bisa mengikuti paket-paket wisata yang tersedia di Solo seperti Accor Solo Heritage Cycling. Anda akan diajak wisata berkeliling sentra-sentra industri di Sukoharjo dan Solo dengan harga Rp 250.000 selama setengah hari.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Seporsi sate buntel disajikan di Warung Sate Mbok Galak di Jalan Mangun Sarkoro No. 122, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (23/7/2016). Sate buntel di Warung Sate Mbok Galak disebut-sebut menjadi favorit presiden dari era Soeharto hingga Jokowi.
Hari-hari terakhir di Solo, Anda bisa mencari oleh-oleh di Pasar Klewer. Oleh-oleh makanan di Pasar Klewer seperti keripik bayam seharga Rp 5.000, ampyang Rp 7.500, dan aneka makanan lain dengan kisaran Rp 25.000.

Harga batik di Pasar Klewer sendiri berkisar Rp 22.000 dengan aneka produk seperti kemeja, daster, baju tidur, celana, baju formal, dan aneka produk lain. Untuk harga produk batik paling mahal berkisar Rp 55.000.

Jadi jika ditotal, biaya perjalanan ke Solo sekitar Rp 1 juta untuk tiga hari dua malam. Biaya ini sudah termasuk tiket kereta api PP dari Jakarta, penginapan hotel bintang dua, sarapan, makan siang, dan makan malam, belanja oleh-oleh, sampai paket sepedaan mengunjungi beberapa obyek wisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com