Kompas.com - 28/07/2016, 13:24 WIB
Taman Nasional Sebangau di Kalimantan Tengah masuk dalam tiga wilayah yakni Kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Pulang Pisau. KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRITaman Nasional Sebangau di Kalimantan Tengah masuk dalam tiga wilayah yakni Kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Pulang Pisau.
|
EditorI Made Asdhiana

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Taman Nasional Sebangau masuk dalam tiga wilayah yakni Kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Pulang Pisau. TN ini wajib dikunjungi saat Anda traveling ke Palangkaraya atau Kalimantan Tengah.

TN Sebangau adalah ekosistem rawa gambut yang terbentuk jutaan tahun lalu. Salah satu sungai yang melintasi TN ini bernama Koran, dan berwarna hitam karena kandungan tannin yang tinggi. TN ini juga menjadi habitat asli beberapa fauna, salah satunya orangutan.

KompasTravel menjelajah area Sungai Koran selama dua hari, dan menemukan banyak hal menarik. Sedikitnya ada 4 alasan Anda wajib mengunjungi taman nasional ini.

1. Akses yang mudah

Meski terletak di tengah Kalimantan, tak perlu berkendara berjam-jam untuk tiba di taman nasional ini. Pintu masuk TN Sebangau adalah Desa Kereng, yang sekaligus menjadi dermaga tempat keberangkatan speedboat.

Dari Kota Palangkaraya, hanya butuh 10-15 perjalanan untuk tiba di Desa Kereng. Di sini, Anda harus menyewa speedboat untuk berkeliling ekosistem rawa gambut.

2. Sungai Koran

Sungai Koran adalah salah satu highlight di TN Sebangau. Akibat kandungan tannin yang tinggi, sungai ini berwarna hitam namun jernih.

Naik speedboat dari dermaga di Desa Kereng, Anda akan diajak menyusuri Sungai Koran dan mampir ke Pos Jaga Sungai Koran. Speedboat akan meliuk di antara labirin rasau (sejenis tanaman pandan namun berduri tajam) yang mendominasi ekosistem di sini.

3. Habitat asli orangutan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X