Berencana ke Solo? Simak "Itinerary" Berikut

Kompas.com - 30/07/2016, 23:01 WIB
Pekerja tengah mengangkat bahan gamelan yang terbuat dari tembaga dan timah setelah dipanaskan di salah satu rumah pembuatan gamelan di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (21/7/2016). Sentra pembuatan gamelan adalah salah satu tempat yang dikunjungi dalam paket wisata Accor Solo Heritage Cycling. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOPekerja tengah mengangkat bahan gamelan yang terbuat dari tembaga dan timah setelah dipanaskan di salah satu rumah pembuatan gamelan di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (21/7/2016). Sentra pembuatan gamelan adalah salah satu tempat yang dikunjungi dalam paket wisata Accor Solo Heritage Cycling.
|
EditorI Made Asdhiana

SURAKARTA, KOMPAS.com - Solo sebagai destinasi menawarkan berbagai obyek dan kegiatan wisata. Dari ibu kota Jakarta maupun luar Pulau Jawa, Solo terbilang terjangkau dengan aneka macam transportasi yang tersedia.

Obyek-obyek wisata di Solo dan seputarnya juga bervariasi mulai dari wisata kuliner hingga sejarah. Selain itu, tak jauh dari Solo, tepatnya di Sukoharjo punya ragam sentra industri yang bisa dikunjungi.

Jika punya waktu tiga hari dua malam dari untuk liburan mulai dari Jumat hingga Minggu, Anda sudah bisa berlibur dengan aneka kegiatan. Berikut "itinerary" versi KompasTravel yang bisa Anda coba.

JUMAT

Jika memilih kereta api, Anda bisa memilih kereta Senja Utama Solo tujuan Stasiun Pasar Senen - Stasiun Solo Balapan. Kereta Senja Utama Solo berangkat pukul 22.00 WIB dan akan tiba di Solo hari Sabtu sekitar pukul 07.00 WIB .

Selama perjalanan, Anda bisa beristirahat di dalam kereta. Dengan beristirahat, esok hari Anda bisa berwisata secara maksimal.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Lenjongan adalah jajanan tradisional Solo yang telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Lenjongan terdiri dari beberapa macam makanan, misalnya tiwul, ketan hitam, ketan putih, gethuk, sawut, cenil, dan klepon. Seporsi lenjongan dijual Yu Sum seharga Rp 4.000.
SABTU

Begitu tiba di Stasiun Solo Balapan, Anda bisa langsung berwisata kuliner di Pasar Gede untuk mencari menu sarapan. Di sana, Anda bisa mencicipi kuliner legendaris nan murah seperti lenjongan, nasi tumpang, brambang asem, dan es dawet telasih.

Untuk mencapai Pasar Gede dari Stasiun Solo Balapan, Anda bisa memilih moda transportasi taksi. Tarif yang dibutuhkan berkisar Rp 25.000.

Selesai berwisata kuliner, Anda bisa langsung pergi ke hotel yang telah dipesan. Jika belum memesan kamar, terdapat pilihan hotel di sepanjang Jalan Briptu Slamet Riyadi, Dr. Soepomo, atau Jalan Monginsidi dekat Stasiun Solo Jebres.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X