Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Istimewanya Wisata ke Taman Nasional Sebangau? Ini Panduan Lengkapnya...

Kompas.com - 31/07/2016, 21:03 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Sungai Koran, begitu nama sungai yang terdapat di Kalimantan Tengah. Sungai ini berwarna hitam karena kandungan tannin yang tinggi. Di bagian dasar sungai terdapat gambut dengan kedalaman 1-17 meter.

Sungai Koran masuk dalam wilayah Taman Nasional Sebangau. Anda bisa menyusuri sungai berwarna hitam ini naik speedboat dari dermaga di Desa Kereng Bangkirai, sekitar 15 menit perjalanan dari Kota Palangkaraya.

Dihimpun KompasTravel, berikut cara menyambangi sungai yang disebut-sebut sebagai "permata hitam" Kalimantan tersebut.

Mengapa berkunjung ke Taman Nasional Sebangau?

KompasTravel menjelajah area Sungai Koran selama dua hari, dan menemukan banyak hal menarik. Sedikitnya ada 4 alasan Anda wajib mengunjungi taman nasional ini. Salah satunya akses yang mudah mencapai taman nasional ini.

Selain itu, TN Sebangau juga habitat asli orangutan dan suasananya yang masih alami. TN Sebangau juga dialiri sungai hitam dan juga rumah bagi berbagai jenis reptil.

Transportasi udara

Taman Nasional Sebangau masuk dalam tiga wilayah yakni Kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Pulang Pisau. Area Sungai Koran bisa diakses dengan mudah dari Kota Palangkaraya.

Bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya melayani penerbangan ke banyak kota, termasuk Jakarta dan Surabaya. Beberapa maskapai yang bisa dipilih antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, dan Sriwijaya Air.

Garuda Indonesia rute Jakarta-Palangkaraya beroperasi dua kali sehari, yakni pagi dan sore hari. Begitu pun sebaliknya.

Harga untuk satu kali perjalanan naik Garuda Indonesia berkisar Rp 1,8 juta. Sedangkan untuk Lion Air rute Jakarta-Palangkaraya, harga tiketnya berkisar Rp 1,2-1,6 juta sekali jalan.

Menuju Desa Kereng Bangkirai 

Desa Kereng Bangkirai trletak di Kecamatan Sebangau, Kota Palangkaraya, Kalimantan Selatan. Desa ini terletak sekitar 15 menit perjalanan dari Kota Palangkaraya.

Namun, tak ada transportasi umum menuju Desa Kereng Bangkirai. Wisatawan harus menyewa mobil dari Palangkaraya dengan harga sekitar Rp 500.000 per hari.

Menyusuri Sungai Koran

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com