Ragam Urap di Indonesia, Mirip tetapi Beda - Kompas.com

Ragam Urap di Indonesia, Mirip tetapi Beda

Kompas.com - 02/08/2016, 05:00 WIB
KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Lawar dan sate lilit, kuliner khas Bali.

URAP adalah sayur mayur yang dilumuri dengan kelapa berbumbu. Nah, di Indonesia sendiri hidangan serupa dengan urap ada beberapa. Memiliki nama yang berbeda dan cara pengolahan yang berbeda juga. Yuk, lebih kenal dengan kelompok urap berdasarkan uraian di bawah ini.

Anyang
     
Anyang khas Melayu sangat unik. Sebelum dicampur dengan beragam sayuran, kelapa disangrai terlebih dahulu, kemudian dicampur dengan beragam bumbu mentah.

Bumbu dan kelapa tersebut kemudian dilumuri ke sayuran yang sudah direbus terlebih dahulu. Karena merupakan masakan khas Sumatera, maka sayuran yang digunakan juga merupakan ciri khas sayuran Sumatera, misalnya pakis.

Lawar

Lawar khas Bali tidak melulu sayuran. Isian lawar juga ter;diri dari ayam atau potongan daging. Berbeda dengan Anyang, kelapa tidak disangrai terlebih dahulu, tetapi mentah. Untuk bumbunya ditumis terlebih dahulu hingga harum, baru diaduk bersama kelapa, sayuran dan potongan daging.

Trancam

Sepintas, Trancam yang dikenal di Jawa Tengah, terlihat mirip sekali dengan Urap. Tapi, jika diperhatikan dengan seksama keduanya sebenarnya berbeda. Sayuran yang digunakan dalam Trancam adalah sayuran mentah. Dan, terdapat campuran kecambah di dalamnya. Kelapa yang digunakan dikukus terlebih dahulu, sedangkan bumbu yang digunakan masih mentah.

Urap

Urap adalah sajian berupa sayuran rebus yang dilumuri kelapa yang sudah dibumbui. Bumbunya sendiri terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, kencur dan terasi. Bumbu tersebut bisa disangrai atau dikukus bersama kelapa. (SEDAP/SCI/www.sajiansedap.com)


EditorNi Luh Made Pertiwi F

Close Ads X