Yuk, Ikut Lomba Maraton di Tana Toraja Agustus Ini

Kompas.com - 02/08/2016, 16:10 WIB
KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Obyek wisata Kete Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Senin (17/11/2014). Di sini terdapat kuburan batu yang diperkirakan berusia ratusan tahun.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, Sulawesi Selatan siap menggelar lomba lari maraton pada 13 Agustus 2016 mendatang.

Toraja Marathon Run 2016 adalah lomba lari maraton internasional pertama yang diadakan di Toraja, Sulawesi Selatan. Acara ini rencananya akan diikuti oleh seribu peserta yang terdiri dari kalangan atlet amatir dan profesional dengan total hadiah Rp 200 juta.

"Peserta yang sudah ada 75 persen dari luar Sulawesi. Target kita juga mendatangkan orang dari luar. Dari luar negeri juga ada 16 pelari dari Kenya, Malaysia, Singapura, Inggris, dan Zimbabwe," kata salah satu panitia acara, Lexi Rohi di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (2/7/2016).

Kategori yang diperlombakan di Toraja Marathon 2016 adalah maraton jarak lima kilometer, sepuluh kilometer, 23 kilometer dan full marathon yakni 42 kilometer. Sedangkan untuk rute, para peserta akan melewati lintasan eksotis Tana Toraja seperti kampung adat berusia ratusan tahun, persawahan, pemakaman kuno, dan obyek wisata Suaya, Tanpang Allo, Bebo dan Kete Kesu.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Kuburan batu yang diperkirakan berusia ratusan tahun di Kete Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Senin (17/11/2014).

"Pada tahun '90an Toraja adalah tujuan wisata kedua setelah Bali. Setelah Bom Bali wisata di Toraja sempat turun. Sekarang kita meningkatkan kembali antara lain dengan Toraja Marathon. Masyarakat Toraja sudah sangat siap dan sangat terbiasa. Komunitas Toraja tidak diragukan untuk bergaul dengan masyarakat internasional," kata Fredrick Batong dari Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia.

Untuk mengikuti Toraja Marathon 2016, peserta dipungut biaya pendaftaran Rp 150.000 untuk kategori lima kilometer, Rp 200.000 untuk kategori sepuluh kilometer, Rp 250.000 untuk kategori 23 kilometer, atau Rp 450.000 untuk kategori 42 kilometer. Biaya tersebut termasuk medali dan kaos jersey.

Pendaftaran dapat dilakukan secara langsung di Kantor Tribun Makassar dan Manado, Toko Bina Karya di Makale, Tana Toraja, dan UD Naga Mas di Kendari, Sulawesi Tenggara. Saat ini, pendaftaran secara online sudah ditutup.

Khusus Toraja Run 2016, pihak panitia juga mempersiapkan tiga bus khusus untuk peserta menuju Toraja dari Makassar. Jadwal bus tersebut adalah pada Kamis, 11 Agustus 2016 pukul 12.00 dan 22.00 Wita, serta Jumat tanggal 12 Agustus 2016 pukul 12.00 Wita.

Transportasi menggunakan Mercedes Le Premiere yang dibanderol harga Rp 200.000 dengan waktu perjalanan yang memerlukan waktu enam sampai delapan jam dari Makassar ke Toraja. Jenis bus ini diklaim sebagai bus terbaik di Indonesia yang memiliki fasilitas eksekutif. Fasilitas lainnya yang ditawarkan adalah bus jemputan dari area parkir Bandara Hassanudin di Makassar.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorSri Anindiati Nursastri
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X