Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Terbaik Berlibur ke Solo?

Kompas.com - 02/08/2016, 21:10 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan yang ingin berlibur ke Solo tak perlu khawatir terkait waktu terbaik. Semua obyek wisata di Solo bisa dikunjungi sepanjang waktu.

"Untuk musim terbaik itu tidak ada. Semua waktu itu bisa mengunjungi Solo. Namun, kami mengamati kebiasan wisatawan yang datang. Biasanya waktu terbanyak itu kunjungan waktu libur sekolah yakni bulan Juni-Juli," kata Kepala Bidang Promosi dan Kerjasama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Budi Sartono saat dihubungi KompasTravel, Selasa (2/8/2016).

Menurut Budi, Kota Solo memiliki acara-acara yang bisa dinikmati oleh wisatawan saat berkunjung. Intensitas acara-acara di Kota Solo, lanjutnya, hadir setiap minggu.

"Solo itu kan yang dijual budayanya. Jadi mau musim hujan atau kemarau tetap bisa dikunjungi. Kita juga hadirkan festival-festival sebagai daya tarik wisata," ungkapnya.

Ia melanjutkan, selain pada Juni-Juli, Kota Solo juga ramai dikunjungi pada akhir tahun. Kota Solo sekitar Januari-Februari cenderung sepi.

"Bulan itu hampir semua tempat di Kota Solo sepi wisatawan. Makanya kita buat juga festival Solo Great Sale untuk menarik kunjungan," jelasnya.

Ia menyarankan, untuk wisatawan yang ingin datang ke Solo tak perlu ambil pusing untuk waktu terbaik. Baik musim ramai atau sepi, Solo tetap menyenangkan untuk dikunjungi.

Kota Solo merupakan satu daerah yang tergabung dalam Provinsi Jawa Tengah. Solo menawarkan berbagai obyek wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Beberapa objek wisata favorit antara lain Keraton Kasunanan Solo, Pasar Gede, Taman Balekambang, Kampung Batik Kauman, Pasar Klewer, dan Pasar Kliwon. Selain itu, wisata kuliner juga bisa dicoba wisatawan antara lain tengkleng, sate buntel, karak, lenjongan, brambang asem, es dawet telasih, cambuk rambak, timlo, dan aneka kuliner lezat lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com