Naik Pesawat Kelas Ekonomi, Ingat 10 Hal Ini

Kompas.com - 05/08/2016, 13:15 WIB
ThinkStock ILUSTRASI - Penumpang di dalam pesawat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Naik pesawat, termasuk kelas ekonomi mengharuskan Anda berperilaku lebih sopan dan kooperatif.

Agar perjalanan lancar dan Anda mendapat pengalaman menyenangkan saat naik pesawat kelas ekonomi, berikut 10 hal yang harus diingat seperti dikutip dari situs Lonely Planet.

Siapkan diri sebelum melakukan pemeriksaan

Seringkali pemeriksaan X-Ray memiliki antrean yang sangat panjang, karena tiap orang sibuk dengan barang masing-masing. Ada baiknya Anda memasukkan semua barang dan aksesori ke dalam tas. Ponsel, jam tangan, ikat pinggang, dan kalung misalnya. 

Seringkali orang lupa untuk meletakkan ponselnya ke dalam tas lalu memasukannya kedalam wadah. Karena barang yang dibawa begitu banyak, tak sedikit orang yang lupa mengambil kembali ponselnya. Paspor, boarding pass juga lebih baik disimpan di dalam tas agar tidak tercecer saat pemeriksaan. Sigaplah dengan semua barang bawaan Anda, jangan sampai antrean menjadi panjang karena Anda berlama-lama.

Hati-hati saat masuk pesawat

Tidak perlu berlari-lari, tergesa-gesa atau berebut untuk masuk terlebih dulu ke dalam pesawat selama Anda masih di dalam antrian. Terkadang karena kelas ekonomi tidak mendapat prioritas dalam menaiki pesawat, mereka menjadi seperti berebut untuk saling mendahului.

Padahal, kursi yang Anda tempati sudah sesuai berdasarkan pemesanan. Anda tinggal mengantre dengan tertib, dan jangan menyela antrean. Jagalah sikap dengan penumpang lainnya agar penerbangan Anda berjalan dengan lancar. Saat mengantre, Anda juga perlu menyisakan space dengan orang di depan Anda agar tidak terlalu berdesak-desakan.

Shutterstock ILUSTRASI - Seorang pramugari menolong penumpang yang membawa bagasi ke kabin pesawat.

Susunlah tas dengan bijak

Jangan menjadi egois saat Anda menaruh tas di kabin. Ingatlah orang yang sederet dengan Anda, jangan sampai mereka tidak kebagian tempat untuk menaruh barang. Anda bisa menaruh tas kabin Anda dengan menyusunnya secara vertikal (memanjang ke depan).

Apabila Anda menyusunnya secara horizontal, hal itu akan menghabiskan space untuk penumpang lainnya. Anda juga bisa meletakkan tas yang tidak terlalu besar di bawah kursi depan Anda.

Fleksibel dengan penempatan kursi

Halaman:


EditorSri Anindiati Nursastri

Close Ads X