Kompas.com - 08/08/2016, 18:34 WIB
EditorI Made Asdhiana

ALAM Kabupaten Aceh Besar tidak pernah henti menawarkan eksotisme. Salah satunya sejumlah goa eksotis di pedalaman kabupaten tempat kelahiran pahlawan nasional Cut Nyak Dhien, tepatnya di Gampong Leupung Bruek, Kecamatan Kuta Cot Glie.

Keberadaan sejumlah goa yang memiliki stalaktit dan stalagmit hidup itu bisa menjadi alternatif destinasi wisata tak biasa bagi wisatawan. Wisatawan lokal dari Aceh Besar dan Banda Aceh yang jenuh dengan wisata pantai yang berlimpah di Aceh dapat berkunjung ke goa-goa itu.

Matahari baru muncul dari peraduan ketika menyusuri jalanan Banda Aceh-Aceh Besar untuk menuju kompleks goa eksotis di Gampong Leupung Bruek, Minggu (31/7/2016). Udara lembab dan angin dingin masih begitu terasa di pagi yang cerah.

Berkendara dari Banda Aceh ke Gampong Leupung Bruek selama satu jam tidak akan membosankan. Selain ada pemandangan hamparan sawah yang membentang di kanan-kiri jalan utama, terlihat pula Pegunungan Bukit Barisan dari kejauhan.

Memasuki kawasan kampung, pemandangan mulai bervariasi. Pengunjung dapat melihat indahnya aliran sungai, sawah, bukit, dan permukiman warga berarsitektur tradisional.

Sekitar 500 meter awal perjalanan, tersaji pemandangan hamparan ilalang yang eksotis. Wisatawan lalu memasuki kawasan hutan primer yang terbentang sekitar 2 kilometer. Berjalan di dalam hutan itu menimbulkan efek relaksasi. Mata menjadi segar karena bisa melihat pepohonan rindang yang hijau dan menghirup udara segar yang sejuk.

”Ini pengalaman pertama saya berjalan menyusur hutan menuju goa. Perjalanan sangat menyenangkan. Apalagi jalur yang dilalui sangat indah sehingga tidak membosankan,” ujar Fatimah El Karim (23), wisatawan asal Medan, Sumatera Utara.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.