Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Delayed" dan Aneka Status Penerbangan yang Harus Anda Tahu

Kompas.com - 08/08/2016, 20:03 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Status penerbangan menunjukkan kondisi atau persiapan penerbangan yang akan Anda naiki. Penting untuk mengetahui status penerbangan begitu tiba di bandara. Anda akan mengetahui apakah penerbangan kali ini tepat waktu, delayed, atau mungkin dibatalkan.

Selain melihat langsung di bandara, Anda juga bisa mengetahui status penerbangan lewat beberapa situs. FlightStats adalah salah satunya. Menggunakan situs ini, Anda bisa mengetahui posisi pesawat yang dinaiki teman atau keluarga. Dengan memasukkan nomor penerbangan, Anda akan mengetahui status atau posisi pesawat tersebut.

Ada beberapa status penerbangan yang perlu Anda ketahui dan pahami. Dari situs FlightStats yang dikutip KompasTravel, Senin (8/8/2016), berikut daftarnya.

1. Scheduled (S)

Penerbangan dengan status Scheduled (S) berarti memiliki waktu keberangkatan dan kedatangan sesuai jadwal. Penerbangan dalam status ini bisa berubah sewaktu-waktu menjadi Cancelled (C), Active (A), atau Unkonwn (U).

2. Boarding

Saat melihat papan di bandara dan penerbangan Anda bertuliskan Boarding, saatnya bergegas ke boarding gate. Ini berarti penumpang sedang memasuki pesawat.

3. Active (A)

Penerbangan dengan status Active (A) berarti pesawat sudah mengudara. Status ini bisa berubah menjadi Unknown (U), Landed (L), atau Redirected (R). Biasanya, penerbangan dengan status ini sedang menunggu ketersediaan tempat atau lahan parkir di bandara.

4. Unknown (U)

Penerbangan dengan status Unknown (U) berarti keberadaan atau ketersediaan pesawat tidak terdeteksi. Ini bisa terjadi ketika pesawat tidak berubah statusnya dalam waktu yang terlampau lama.

5. Redirected (R)

Redirected (R) berarti pesawat sedang mengudara kemudian mengubah rute menuju bandara lain. Ini bisa terjadi karena berbagai hal, misal kondisi cuaca atau kendala pada mesin pesawat. Jika pesawat telah mendarat di bandara tersebut, statusnya akan berubah menjadi Diverted (D).

6. Diverted (D)

Diverted (D) berarti pesawat telah mendarat di bandara yang tidak terjadwal sebelumnya. Berkaitan dengan status sebelumnya, hal ini bisa terjadi saat pesawat mendarat darurat karena beragam kendala.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com