Kompas.com - 08/08/2016, 20:03 WIB
ILUSTRASI - Kabin pesawat ShutterstockILUSTRASI - Kabin pesawat
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Status penerbangan menunjukkan kondisi atau persiapan penerbangan yang akan Anda naiki. Penting untuk mengetahui status penerbangan begitu tiba di bandara. Anda akan mengetahui apakah penerbangan kali ini tepat waktu, delayed, atau mungkin dibatalkan.

Selain melihat langsung di bandara, Anda juga bisa mengetahui status penerbangan lewat beberapa situs. FlightStats adalah salah satunya. Menggunakan situs ini, Anda bisa mengetahui posisi pesawat yang dinaiki teman atau keluarga. Dengan memasukkan nomor penerbangan, Anda akan mengetahui status atau posisi pesawat tersebut.

Ada beberapa status penerbangan yang perlu Anda ketahui dan pahami. Dari situs FlightStats yang dikutip KompasTravel, Senin (8/8/2016), berikut daftarnya.

1. Scheduled (S)

Penerbangan dengan status Scheduled (S) berarti memiliki waktu keberangkatan dan kedatangan sesuai jadwal. Penerbangan dalam status ini bisa berubah sewaktu-waktu menjadi Cancelled (C), Active (A), atau Unkonwn (U).

2. Boarding

Saat melihat papan di bandara dan penerbangan Anda bertuliskan Boarding, saatnya bergegas ke boarding gate. Ini berarti penumpang sedang memasuki pesawat.

3. Active (A)

Penerbangan dengan status Active (A) berarti pesawat sudah mengudara. Status ini bisa berubah menjadi Unknown (U), Landed (L), atau Redirected (R). Biasanya, penerbangan dengan status ini sedang menunggu ketersediaan tempat atau lahan parkir di bandara.

4. Unknown (U)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.