Banten Kembangkan Potensi Wisata Pantai Sawarna dan Bagedur

Kompas.com - 12/08/2016, 08:02 WIB
Pantai Bagedur di Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten. KOMPAS/DWI BAYU RADIUSPantai Bagedur di Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Banten akan mengembangkan dua obyek wisata di Banten yakni Pantai Sawarna dan Pantai Bagendur sebagai daerah unggulan untuk wisatawan. Hal itu dianggap sebagai obyek wisata yang telah siap untuk dipromosikan kepada wisatawan.

"Kita itu punya (obyek wisata) daerah di Banten Selatan. Sebetulnya berbatasan dengan Pelabuhan Ratu yaitu di Sawarna. Itu luar biasa. Infrastruktur sudah bagus. Pantainya indah sekali," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten, Opar Sohari kepada KompasTravel setelah acara jumpa pers PATA Travel Mart di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (11/8/2016).

Selain itu, menurut Opar, untuk Pantai Bagendur juga akan dipromosikan kepada wisatawan. Ia mengganggap infrastruktur di Pantai Bagendur telah bisa dilewati oleh kendaraan.

"Pantai Bagedur (akan dikembangkan) karena itu belum tergarap. Pantai Bagedur masih perawan. Itu infrastruktur dulu dari Serang itu 6 jam. Setelah diperbaiki dengan beton dari Serang hanya dua jam," tambahnya.

Ia mengungkapkan, Pemerintah Banten masih akan mengunggulkan wisata pantai untuk dikembangkan selain obyek-obyek wisata budaya dan religi yang telah ada di Banten. Selain itu, program pemerintah pusat yakni Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung juga akan didorong pengembangannya.

Tulus Muliawan Pantai Pasir Putih difoto dari Bukit Senyum, Selasa (5/1/2016). Pantai ini menjadi salah satu spot favorit wisatawan yang berkunjung ke Sawarna.
"Yang akan difokuskan pemerintah Banten adalah Pantai Sawarna dan Bagendur.
Kita masih perencanaan untuk tahun 2017. Tapi (sekarang) kita arahkan ke sana (Sawarna dan Bagendur)," jelasnya.

Pada tahun 2015, Provinsi Banten dikunjungi wisatawan domestik sebanyak 6,2 juta kunjungan. Sementara wisatawan mancanegara yang mengunjungi Banten yakni berkisar 48.000 kunjungan.

Pantai Bagedur terletak di Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten atau berjarak sekitar 110 kilometer dari Kota Serang. Pantai Bagedur menawarkan pesona pasir pantainya yang landai dan solid sehingga kendaraan bermotor bisa dipacu tanpa terjebak pasir.

Sementara, Pantai Sawarna terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten atau berjarak sekitar 150 kilometer dari Kota Serang. Di sekitar Pantai Sawarna, wisatawan bisa menikmati berbagai atraksi wisata seperti menyusuri Goa Lalay, Langir dan Seribu Candi.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X