Agustus Ini, Mari ke Pesta Rakyat Akbar di Kutai Kartanegara

Kompas.com - 12/08/2016, 12:00 WIB
Dayu Hatmanti ikut bermain air dalam acara Belimbur pada Festival Erau di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. ARSIP KOMPAS TVDayu Hatmanti ikut bermain air dalam acara Belimbur pada Festival Erau di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur kembali menyelenggarakan Erau Adat Kutai & 4th International Folk Arts Festival (EIF AF). Tahun ini acara tersebut masuk kali keempat.

EIF AF 2016 akan diselenggarakan dari tanggal 20-28 Agustus 2016 di Kota Kutai Kartanegara. "Erau merupakan suatu adat. Sejak zaman dulu namanya erau atau erok yang artinya riuh rendah. Segala sesuatu yang menggambarkan keramaian. Ini bermula pada abad ke-3 dengan pengangkatan raja pertama, Tinjak Tanah Raja Kutai. Kemudian peristiwa penting lainnya seperti penobatan putra mahkota, pemberian gelar, maupun peristiwa penting lainnya," kata Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari, saat jumpa pers mengenai Erau Adat Kutai, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (12/8/2016). 

Rangkaian acara yang digelar dalam EIF AF ini terbilang lengkap. Sebab selama sembilan hari diselenggarakan begitu banyak acara yang dapat dinikmati oleh umum, seperti upacara adat pedalaman, orkestra musik tradisional, pertunjukan tarian massal, kirab budaya internasional, festival rakyat internasional, kunjungan budaya, green tenggarong, lomba foto, dekorasi lapangan, penampilan sanggar seni daerah, dan festival kuliner.

Ada pula fashion adat Kutai, tradisi makan bersama di jalan raya sejauh satu kilometer (Beseprah), lomba permainan tradisional, lomba perahu naga, lomba pacu perahu motor, Erau expo, city tour, dan bazzar rakyat.

Tak hanya itu, hadir pula 10 grup dengan 218 peserta dari internasional untuk memeriahkan International Folk Arts Festival, dari Idaho, Lithuania, Taiwan, Estonia, Bulgaria dan masih banyak lainnya menampilkan pentas seni budaya san pertunjukan jalanan.

Sementara itu Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Putu Ngurah mengatakan festival EIF AF adalah magnet bagi wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

Kutai Kartanegara sendiri saat ini terus mengembangkan pariwisata mulai dari perbaikan infrastruktur dan penyelenggaraan event internasional. Beberapa obyek wisata Kutai Kartanegara yang diminati oleh wisatawan adalah Planetarium Jagad Raya, Waduk Panju Sukarame, Museum Kayu Tuah Himba, dan Pantai Tabjung Harapan Samboja.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X