Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agustus Ini, Mari ke Pesta Rakyat Akbar di Kutai Kartanegara

Kompas.com - 12/08/2016, 12:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur kembali menyelenggarakan Erau Adat Kutai & 4th International Folk Arts Festival (EIF AF). Tahun ini acara tersebut masuk kali keempat.

EIF AF 2016 akan diselenggarakan dari tanggal 20-28 Agustus 2016 di Kota Kutai Kartanegara. "Erau merupakan suatu adat. Sejak zaman dulu namanya erau atau erok yang artinya riuh rendah. Segala sesuatu yang menggambarkan keramaian. Ini bermula pada abad ke-3 dengan pengangkatan raja pertama, Tinjak Tanah Raja Kutai. Kemudian peristiwa penting lainnya seperti penobatan putra mahkota, pemberian gelar, maupun peristiwa penting lainnya," kata Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari, saat jumpa pers mengenai Erau Adat Kutai, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (12/8/2016). 

Rangkaian acara yang digelar dalam EIF AF ini terbilang lengkap. Sebab selama sembilan hari diselenggarakan begitu banyak acara yang dapat dinikmati oleh umum, seperti upacara adat pedalaman, orkestra musik tradisional, pertunjukan tarian massal, kirab budaya internasional, festival rakyat internasional, kunjungan budaya, green tenggarong, lomba foto, dekorasi lapangan, penampilan sanggar seni daerah, dan festival kuliner.

Ada pula fashion adat Kutai, tradisi makan bersama di jalan raya sejauh satu kilometer (Beseprah), lomba permainan tradisional, lomba perahu naga, lomba pacu perahu motor, Erau expo, city tour, dan bazzar rakyat.

Tak hanya itu, hadir pula 10 grup dengan 218 peserta dari internasional untuk memeriahkan International Folk Arts Festival, dari Idaho, Lithuania, Taiwan, Estonia, Bulgaria dan masih banyak lainnya menampilkan pentas seni budaya san pertunjukan jalanan.

Sementara itu Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Putu Ngurah mengatakan festival EIF AF adalah magnet bagi wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

Kutai Kartanegara sendiri saat ini terus mengembangkan pariwisata mulai dari perbaikan infrastruktur dan penyelenggaraan event internasional. Beberapa obyek wisata Kutai Kartanegara yang diminati oleh wisatawan adalah Planetarium Jagad Raya, Waduk Panju Sukarame, Museum Kayu Tuah Himba, dan Pantai Tabjung Harapan Samboja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com