Ke Kutai Kartanegara, Apa Saja Wisatanya?

Kompas.com - 12/08/2016, 21:27 WIB
Dayu Hatmanti ikut bermain air dalam acara Belimbur pada Festival Erau di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. ARSIP KOMPAS TVDayu Hatmanti ikut bermain air dalam acara Belimbur pada Festival Erau di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain masyhur sebagai lokasi kerajaan Hindu tertua di Indonesia pada zaman lampau, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur kini terkenal sebagai kota bisnis dan wisata.

Menurut Sri Wahyuni, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kutai Kartanegara pada acara jumpa pers Erau Adat Kutai dan International Folk Arts Festival, Jumat (11/8/2016), ada tiga destinasi wisata di Kutai Kartanegara yang menarik untuk dijelajahi. Berikut penjelasan Sri Wahyuni.

1. Wisata alam asli

Dari bandara di Balikpapan dapat menuju daerah Samboja yang berjarak satu jam. Atraksi di Samboja yang menarik adalah melihat satwa khas Kalimantan di konservasi orang utan dan beruang madu.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Salah satu orangutan bernama Obi, yang diadopsi oleh PT Bridgestone Indonesia kepada Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS), di hutan konservasi Samboja Lestari, Kalimantan Timur.
Jangan lewatkan safari dengan perahu menyusuri Sungai Hitam. Jika beruntung wisatawan dapat melihat langsung bekantan yang sedang bersosialisasi di pepohonan atau turun ke sungai untuk minum.

Masih di Samboja, terdapat wisata alam Bukit Bengkirai yakni wisata hutan tropis alam kutai. Pengunjung dapat menaiki jembatan gantung yang berada di atas pohon dengan ketinggian 30 meter dengan panjang 60 meter.

2. Wisata budaya

Selesai dari Samboja, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju Tenggarong, ibu kota Kutai Kartanegara. Di sini wisatawan dapat mengunjungi wisata budaya mengunjungi obyek wisata Museum Mulawarman, situs makam raja-raja, dan merasakan langsung pengalaman menjadi Suku Dayak di Pulau Kumala.

BARRY KUSUMA Museum Mulawarman di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
Wisatawan dapat mempelajari sejarah Suku Dayak dan mencoba membuat berbagai kerajinan khas Suku Dayak di sana.

Selain mempelajari budaya Suku Dayak, wisatawan juga dapat mempelajari budaya Melayu Kutai di Tenggarong, mengunjungi rumah adat yang dibuat dari kayu pohon jambu dan atap daun nipah.

3. Wisata petualangan

Pergilah ke Sungai Mahakam untuk melihat satwa langka, yakni pesut mahakam. Pesut ini diklaim hanya tersisa di Sungai Mahakam dan tinggal 88 ekor. Bentuknya menyerupai lumba-lumba tetapi dengan moncong yang tak panjang. Jika berunjung wisatawan dapat melihat mamalia air tawar ini berenang bergerombol.

KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Pesut mahakam (Orcaella brevirostris) terlihat di pertemuan Sungai Belayan dan Sungai Mahakam di Kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara, Kaltim, Selasa (2/9/2014). Kawasan ini merupakan salah satu habitat mamalia air tawar terancam punah yang populasinya tidak lebih dari 90 ekor.
Ada pula hewan lainnya seperti lutung, elang, dan burung pecuk ular.

Jika Anda ingin berkunjung ke Kutai Kartanegara, Sri Wahyuni menganjurkan Agustus adalah bulan terbaik untuk berkunjung karena digelar Erau Adat Kutai & International Folk Arts Festival, pesta rakyat terbesar Kutai Kartanegara yang tahun ini dilaksanakan 20-28 Agustus 2016.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X