Ini Tiga Titik Pengibaran Bendera Merah Putih di Gunung Semeru

Kompas.com - 14/08/2016, 22:04 WIB
Danau Ranu Kumbolo yang berada di jalur pendakian ke puncak Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, seolah menjadi magnet tersendiri bagi pendaki. Di danau seluas 8 hektar yang berada di ketinggian 2.390 meter di atas permukaan laut inilah biasanya pendaki beristirahat di tenda-tenda yang mereka bawa sembari mempersiapkan diri menggapai Puncak Mahameru. Tampak kondisi danau yang tenang dilihat dari atas jalur pendakian, Rabu (5/6/2013) pagi. KOMPAS/DEFRI WERDIONODanau Ranu Kumbolo yang berada di jalur pendakian ke puncak Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, seolah menjadi magnet tersendiri bagi pendaki. Di danau seluas 8 hektar yang berada di ketinggian 2.390 meter di atas permukaan laut inilah biasanya pendaki beristirahat di tenda-tenda yang mereka bawa sembari mempersiapkan diri menggapai Puncak Mahameru. Tampak kondisi danau yang tenang dilihat dari atas jalur pendakian, Rabu (5/6/2013) pagi.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menegaskan titik-titik pengibaran bendera saat 17 Agustus 2016 hanya berada di tiga lokasi. Titik-titik tersebut tak termasuk di Puncak Gunung Mahameru.

"Ya biasa seperti tahun sebelumnya. Upacara bendera di Ranupane, Ranu Kumbolo, dan di Kalimati," kata Kepala Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, John Keneddy saat dihubungi KompasTravel, Kamis (12/8/2016).

Ia menyebutkan, pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru akan mengkoordinasi dan memimpin kegiatan pengibaran bendera di tiga tersebut.

"Pendaki umum diperbolehkan ikut serta sebagai peserta upacara," jelas John.

Selain tiga titik pengibaran tersebut, pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga masih mempertimbangkan satu tempat lain yakni di area padang pasir Gunung Bromo. Namun, ia masih melihat situasi perkembangan Gunung Bromo yang masih fluktuatif.

Hingga saat ini, John mengatakan masih belum menerima data jumlah pendaki yang akan mengikuti upacara pengibaran bendera di tiga titik tersebut.

Pendakian Gunung Semeru bisa dimulai di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jarak Ranu Pani-Ranu Kumbolo sekitar 10,5 kilometer. Di jalur ini kondisi medan relatif landai, tetapi sedikit naik turun.

Gunung Semeru bisa didaki hingga Pos Kalimati selama 8-10 jam. Namun, pihak Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru menghimbau pendaki tak mendaki melebihi Pos Kalimati.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X