Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gukje Market, Destinasi Wisata Belanja di Busan

Kompas.com - 15/08/2016, 06:12 WIB
Erlangga Djumena

Penulis

BUSAN, KOMPAS.com - Busan, merupakan kota terbesar kedua di Korea Selatan, setelah Seoul.

Meski tidak sebanyak Seoul, Kota Pelabuhan terbesar Korsel ini mempunyai lokasi belanja untuk wisatawan, mulai suvenir, pakaian, sepatu, hingga kosmetika.

KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENA Salah satu toko kosmetika yang selalu diburu wisatawan di Jalan Gwangbok, Busan, Korea Selatan.
Di Busan, ada Gukje Market, alias pasar internasional. Letaknya di seputaran Jalan Gwangbok. Namun, lucunya tidak semua warga Busan paham dengan Jalan Gwangbok ini.

Bahkan saat KompasTravel bertanya ke petugas pusat informasi stasiun subway di Centum City, agar menunjukkan cara menuju ke daerah Gwangbok, mereka agak mengernyitkan dahi. Meski akhirnya, mereka pun bisa menunjukkan lokasi stasion subway supaya bisa ke Gwangbok.

KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENA Salah satu lorong di daerah Gukje Market, Busan, Korea Selatan. Di sini para pedagang menjual pakaian, kacamata dan barang suvenir lain untuk menarik turis berbelanja.
Di wilayah ini terbagi dalam dua bagian. Di sepanjang jalan utama terdapat deretan toko-toko yang berpendingin dengan menjual menjual kosmetika, pakaian, hingga sepatu.

Sementara di bagian gang-gang kecil terdapat pasar tradisional. Para pedagang pakaian, kaus, kaki hingga makanan khas Korea menggunakan lapak-lapak yang terletak di tengah jalan.

Namun untuk mencari suvenir khas Korea Selatan memang terpencil kalau tidak dibilang susah ditemukan.

KOMPAS.com/ERLANGGA DJUMENA Selain menjual suvenir, Gukje Market di Busan, Korea Selatan juga menjajakan aneka makanan khas Korea. Pembeli pun tak segan menyantap makanan sambil berdiri.
"Kalau di depan kan banyak anak-anak muda yang nongkrong. Nanti akan tiba-tiba banyak orang-orang tua. Nah di  situ (lokasi penjual suvenir)," sebut Staf Visit  Indonesia Tourism Officer (VITO) Busan, Ha Dajeong saat ditanya lokasi penjual suvenir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com