Kompas.com - 15/08/2016, 21:52 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Ragam martabak di Indonesia kian hari semakin banyak. Hal ini terjadi karena martabak memiliki banyak penggemar. Termasuk di antara para penggemar martabak ada Luke Nguyen, pakar kuliner Vietnam-Australia sekaligus pembawa acara program Luke Nguyen's Street Food Asia di saluran televisi TLC.

"Pengalaman yang luar biasa adalah mencoba berbagai macam martabak saat saya ke Jakarta. Rasanya luar biasa, apalagi melihat orang membuat martabak dan saya mencoba martabak manis. Itu adalah pengalaman yang tak terlupakan. Sangat-sangat enak rasanya," kata Luke saat wawancara via panggilan video, di Jakarta, Senin (15/8/2016).

Luke juga bicara soal berbagai macam street food alias jajanan jalanan di Jakarta. Menurut pria yang menulis empat buku memasak best seller ini, Jakarta punya keragaman jajanan jalanan yang mengagumkan.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Martabak cokelat kacang dari Martabak 65A yang terletak di Jalan Pecenongan, Jakarta.
"Street food di Indonesia sangat bersahabat, street food seharusnya adalah makanan yang mempersatukan dan mencerminkan kebudayaan. Street food di Jakarta sangat vibran dan memiliki rasa yang kuat. Untuk sebuah acara kuliner televisi, ini sangat menghibur," katanya.

Di Jakarta, Luke hampir mencoba 20 jajanan jalanan. Beberapa di antaranya adalah soto betawi, nasi uduk, ketan susu, nasi goreng gila, ketoprak, gado-gado, sate, jamu, dan masih banyak lainnya.

Luke juga mengaku setelah mampir ke Jakarta, kini daftar jajanan jalanannya semakin banyak. "Saya pasti akan kembali lagi ke Jakarta," janji Luke. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.