Kompas.com - 16/08/2016, 09:40 WIB
Wisatawan berselancar di Plengkung, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (3/5/2014). BARRY KUSUMAWisatawan berselancar di Plengkung, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (3/5/2014).
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia punya banyak spot selancar, dari Mentawai di Sumatera sampai beberapa spot terkenal di Pulau Dewata. Tak heran, Indonesia menjadi incaran turis mancanegara sebagai destinasi surfing kelas dunia.

"Norwegia adalah salah satunya. Banyak turis Norwegia yang mengincar tempat-tempat surfing di Indonesia," tutur Duta Besar Norwegia untuk Indonesia, Stig Traafik dalam konferensi pers Emirates di Ritz Carlton Jakarta, Senin (15/8/2016).

Di mata turis Norwegia, lanjut Stig, Indonesia sangat "seksi" sebagai tujuan wisata selancar dan bahari.

"Mayoritas dari mereka (turis Norwegia-red) mengunjungi Bali, Sumatera, Jawa, dan beberapa pulau lainnya di bagian timur Indonesia," tambah Stig.

Selain surfing, turis Norwegia dan Eropa pada umumnya juga menyukai wisata golf. Hal tersebut dikemukakan Country Manager Emirates untuk Indonesia, Satish Sethi.

BARRY KUSUMA Tering Bay Golf & Country Club di Batam, Provinsi Kepulauan Riau.
"Indonesia punya sangat banyak lapangan golf. Kini turis dari Eropa dan Timur Tengah mengincar golf di Indonesia," tambahnya.

Dalam menggaet turis Norwegia, rupanya kompetitor Indonesia adalah Thailand. Ini karena terdapat penerbangan langsung dari Oslo menuju Bangkok.

"Jumlah turis Norwegia yang berkunjung ke Indonesia masih sekitar 25.000-30.000 orang per tahun. Sementara ke Thailand bisa mencapa 100.000 orang," papar Stig.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.