Kompas.com - 17/08/2016, 08:41 WIB
Luke Nguyen mencicipi pangsit goreng di Gang Gloria, Glodok, Jakarta Barat. Luke Nguyen mencicipi pangsit goreng di Gang Gloria, Glodok, Jakarta Barat.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Bertualang kuliner di destinasi baru memang hal yang riskan. Apalagi jika hal itu dilakukan di luar negeri. Dengan bujet yang pas-pasan tetap makan enak. Jangan kahwatir, tetap ada cara untuk dapat bertualang rasa dengan nikmat di lidah dan aman di dompet.

"Pertama, pelajari sedikit tentang bahasa dasar di tempat baru. Kedua, selalu ikuti saran penduduk setempat daripada internet atau buku panduan," kata pakar kuliner Vietnam-Australia sekaligus pembawa acara kuliner Luke Nguyen's Street Food Asia di saluran televisi TLC, Luke Nguyen lewat panggilan video, Senin (15/8/2016).

Luke setiap pergi ke suatu tempat baru selalu mencoba menghubungi teman-teman di tempat asalnya untuk meminta rekomendasi kuliner. Jika tidak, ia tetap punya 'jurus' lain.

"Lihat tempat makan yang penuh orang lokal, itu selalu menarik perhatianku," kata Luke.

Pria penulis empat buku masakan best seller ini juga menyarankan jika Anda ragu untuk memesan makanan misal karena bahan makanan yang digunakan, coba lihat cara memasaknya. Karena itulah seni jajanan jalanan atau street food, di mana sang pembeli dapat melihat langsung penjualnya membuat makanan.

"Anda dapat melihat cara mereka masak, seberapa segar bahan makanan, bagaiaman tampilan makanannya. Setelah Anda melihatnya barulah Anda putuskan untuk memesan," kata Luke.

Simak saran Luke bagi Anda yang belum berani bertualang rasa. "Jika Anda makan di restoran tiap saat, saya rasa Anda kehilangan pengalaman. Justru dari makanan jalanan, Anda mendapatkan rasa, budaya yang sesungguhnya. Saya pikir sedikit petualangan dalam soal makanan jalanan adalah hal yang baik," tambah Luke.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.