Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

135.000 Wisman Kunjungi Festival Bunga Tomohon

Kompas.com - 17/08/2016, 15:14 WIB

TOMOHON, KOMPAS.com - Sebanyak 135.000 wisatawan mancanegara mengunjungi Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang digelar selama 4-12 Agustus 2016.

"Selama pelaksanaan TIFF memang terjadi peningkatan jumlah kunjungan, dan tahun ini kenaikannya sebesar 35 persen bila dibandingkan tahun lalu. Selama TIFF dilaksanakan kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 135.000 orang," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Tomohon, Mariam Rau di Tomohon, Selasa (16/8/2016).

Peningkatan jumlah kunjungan ini, menurut Mariam, tidak bisa dipisahkan dari komitmen Pemerintah Kota Tomohon dan jajaran terkait pembenahan dan evaluasi sehingga pelaksanaan TIFF pada tahun mendatang lebih paripurna.

"Kami berharap dari setiap kegiatan yang dilaksanakan di Kota Tomohon tidak hanya meninggalkan gegap gempita dan semarak monumental sesaat, tetapi idealnya semakin memperkenalkan kota Tomohon di mata dunia," katanya.

Mariam menjelasan, semakin banyak wisatawan asing mengenal Kota Tomohon sebagai salah satu destinasi wisata di Sulawesi Utara, membuka peluang wisatawan berkunjung dan menikmati liburannya di daerah ini.

"Kami yakin, kemajuan industri pariwisata akan memberikan dampak berantai bagi pelaku usaha wisata termasuk masyarakat di dalamnya. Roda perekonomian terus berputar dan memberi harapan bagi peningkatan kesejahteraan," katanya.

Ia menambahkan, salah satu strategi pemerintah daerah mengembangkan potensi daerah melalui multisektor seperti pariwisata, perdagangan, perindustrian dan kebudayaan.

"TIFF diselenggarakan sejak tahun 2008, kemudian dilanjutkan sebagai ajang dua tahunan yakni tahun 2010, 2012 dan 2014. Dan tahun 2015 kegiatan ini telah diterima Kementerian Pariwisata RI sebagai kalender pariwisata tahunan," kata Mariam Rau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com