Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Varietas Kopi, Indonesia Lebih Unggul Dibanding Negara Lain

Kompas.com - 18/08/2016, 17:11 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penduduk Indonesia tak lepas dari budaya ngopi. Meski coffee shop dari luar negeri menjamur, kopi asli Indonesia tak pernah kehilangan penggemar.

Ada beberapa alasan kopi Indonesia unggul dibanding kopi asal negara lain. Varietas atau jenis kopi adalah salah satunya.

"Indonesia punya banyak sekali varietas kopi. Saat ini, ada sekitar 20 jenis kopi yang berasal dari barat hingga timur Indonesia," tutur Sendydjaja Genta Susilo, barista sekaligus Q Grader dari Djournal Coffee saat acara public cupping di Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (17/8/2016). 

Q Grader adalah titel seseorang yang telah mendapat sertifikasi dari Coffee Quality Institute yang berbasis di California, AS. Seorang Q Grader bisa membedakan jenis kopi berdasarkan aroma, tekstur, tingkat keasaman, dan lain-lain.

Pria yang biasa dipanggil Sendy itu melanjutkan, varietas kopi Indonesia merupakan hasil keanekaragaman lanskap alam. Indonesia merupakan daerah tropis yang memiliki banyak pegunungan tinggi.

"Semakin tinggi daerahnya, semakin manis kopinya. Ini juga merupakan keunggulan biji kopi Indonesia," tambah dia.

Sendy menuturkan, budaya meminum kopi asli Indonesia semakin berkembang pesat. Masyarakat dan pelaku bisnis sadar betul, kekayaan kopi Indonesia memang tak ada duanya.

"Dari sisi petani pun pelan-pelan meningkatkan kualitas. Sekarang petani sudah bisa menentukan akan seperti apa rasa kopinya. Misal di Aceh, petani ingin membuat rasa cokelatnya lebih terasa. Itulah mengapa varietas kopi semakin lama semakin beragam," paparnya. 

Dulu, masyarakat Indonesia hanya mengenal kopi dari beberapa daerah. Sebut saja Aceh (Gayo), Mandailing, Toraja, dan Papua. Namun kini, beberapa daerah juga mulai menunjukkan varietas kopi yang tidak biasa.

"Kemudian muncul kopi dari Flores, juga Jawa. Dulu Pulau Jawa hanya fokus pada teh, namun sekarang sudah ada kopi yang juga punya ciri khas dalam cita rasanya," tambah Sendy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com