Wisata Lampung Tak Hanya Way Kambas dan Teluk Kiluan

Kompas.com - 19/08/2016, 08:04 WIB
Lumba-lumba di Teluk Kiluan, Lampung. BARRY KUSUMALumba-lumba di Teluk Kiluan, Lampung.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Destinasi wisata di Lampung tak hanya di Way Kambas, Teluk Kiluan, dan Pulau Pahawang. Ada banyak destinasi wisata di Lampung yang dapat dieksplor oleh wisatawan.

Seperti yang disampaikan oleh Gubernur Lampung, Ridho Ficardo dalam jumpa pers Festival Krakatau 2016, di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Kamis (18/8/2016), bahwa daerah pesisir barat memiliki pantai dengan ombak kelas dunia.

"Di sana juga bisa melihat lumba-lumba, padahal selama ini orang-orang hanya tahu melihat lumba-lumba di Teluk Kiluan. Selain itu ada penghasil kopi luwak liar juga di sana," kata Ridho.

Tercatat destinasi wisata di daerah pesisir Barat Lampung adalah Pugung Tampak dan Pantai Tanjung Setia yang cocok untuk berselancar, Pulau Pisang dengan air laut yang jernih dan pasir putih, Pantai Labuhan Jukung, penangkaran penyu Muara Tembulih, Kebun Raya Liwa, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBS), dan Danau Ranau.

"Penduduk di sana menerima wisatawan dengan baik. Jika ingin merasakan Bali tahun 70-an bisa ke daerah pesisir Barat lampung, daerahnya juga aman sekali," kata Ridho.

Namun sayang, Ridho mengakui bila infrastruktur jalan menuju pesisir Barat Lampung masih belum maksimal. "Sekarang kondisinya masih adventure, tapi bagi sebagian orang justru suka kondisi seperti itu," kata Ridho.

KOMPAS/INGKI RINALDI Sejumlah pengunjung, Minggu (10/11/2013) mengamati bentukan laguna di Teluk Kiluan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Bentang alam berupa pantai, struktur bebatuan, dan pulau-pulau kecil menjadi obyek kunjungan yang menarik wisatawan ke kawasan itu selain aksi liar lumba-lumba.
Ia mengatakan tahun depan proyek perpanjangan landasan Bandara Pekon Serai, yang berada dekat pesisir Barat Lampung akan rampung. Ditargetkan dua sampai tiga tahun ke depan, akses dan akomodasi di daerah pesisir Barat Lampung akan memiliki kemajuan yang signifikan.

Pariwisata di Lampung, lanjut Ridho, saat ini terus didorong karena sektor pariwisata dapat menyejahterahkan rakyat, empat kali dari pertanian dan dua kali dari industri.

Tahun 2015, tercatat ada 114.907 wisatawan mancanegara dan 5,5 juta wisatawan nusantara berkunjung ke Lampung. Beragam festival diselenggarakan untuk terus menarik wisatawan. Paling dekat ada Festival Krakatau 2016 yang akan diselenggarakan tanggal 21-28 Agustus 2016.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X