Kompas.com - 19/08/2016, 11:15 WIB
Ilustrasi kopi papua KOMPAS.com/Muhammad Irzal AdiakurniaIlustrasi kopi papua
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Kopi asli Indonesia sudah tak diragukan lagi kualitasnya. Ada belasan, bahkan puluhan jenis kopi Indonesia tergantung daerah asal dan kondisi alamnya.

Beda daerah asal, beda lagi cita rasa dan aroma kopinya. Hal itu dikemukakan Sendydjaja Genta Susilo, barista sekaligus Q Grader dari Djournal Coffee.

"Ada yang rasanya fruity, ada yang nutty, bahkan ada yang beraroma bunga. Masing-masing punya rasa khusus juga. Fruity misalnya, ada yang rasa jeruk, lemon, apel, dan lain-lain," paparnya dalam acara public cupping di Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (17/8/2016).

Q Grader adalah titel seseorang yang telah mendapat sertifikasi dari Coffee Quality Institute yang berbasis di California, AS. Seorang Q Grader bisa membedakan jenis kopi berdasarkan aroma, tekstur, tingkat keasaman, dan lain-lain.

Pria yang akrab dipanggil Sendy itu menuturkan, cita rasa tersebut muncul akibat pengaruh dari tanah di sekitar kebun kopi.

"Semakin tinggi daerahnya, biji kopi akan semakin manis. Kopi kan pada dasarnya biji dari buah. Nah, ketika intisari buah masuk dalam biji tersebut, itulah yang menimbulkan rasa fruity," paparnya.

Selain pengaruh tanah dan ketinggian, cita rasa tersebut juga dipengaruhi oleh tumbuhan pendamping yang ada di sekitar kebun kopi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kopi itu tanaman manja, harus ada pendampingnya. Tumbuhan pendamping berpengaruh terhadap cita rasa kopi. Misal, di sebelahnya terdapat kebun cabe. Bukan mustahil cita rasa kopinya agak pedas," papar Sendy.

Acara public cupping yang digelar Djournal Coffee hari ini menyuguhkan kopi dari delapan daerah berbeda di Indonesia. Peserta tidak diberi tahu dari mana asal tiap kopi tersebut.

Sendy kemudian menjelaskan apa saja yang harus "digali" dari tiap cangkir kopi. Mulai dari fragrance alias wangi bubuk kopi, acidity alias tingkat keasaman, flavor alias citarasa, body alias kekentalan kopi, sampai aftertaste alias citarasa usai meminum kopi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.