Kompas.com - 19/08/2016, 18:10 WIB
Menteri Pariwisata Arief Yahya ditemani Wakil Bupati Toba Samosir, Hulman Sitorus dan jajaran Kemenpar, Jumat (19/8/2016), mendengarkan penjelasan dari Ketua Bidang Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016, Jay Wijayanto di Titik 1 Start karnaval yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo. Minggu (21/8/2016), Presiden Joko Widodo dijadwalkan ikut dalam pawai karnaval sepanjang 3,5 kilometer itu. ARSIP BIRO HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK KEMENPARMenteri Pariwisata Arief Yahya ditemani Wakil Bupati Toba Samosir, Hulman Sitorus dan jajaran Kemenpar, Jumat (19/8/2016), mendengarkan penjelasan dari Ketua Bidang Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016, Jay Wijayanto di Titik 1 Start karnaval yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo. Minggu (21/8/2016), Presiden Joko Widodo dijadwalkan ikut dalam pawai karnaval sepanjang 3,5 kilometer itu.
EditorI Made Asdhiana

MEDAN, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya tiba di Bandara Silangit dan langsung mengecek lokasi dan persiapan fisik Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016, di Balige, Toba Samosir, Jumat (19/8/2016).

Dari posisi start karnaval yang akan diikuti Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo itu terlihat sudah mulai didirikan panggung dengan latar belakang rumah bolon, rumah tradisional Batak.

Jay Wijayanto, ketua Panpel Karnaval menjelaskan semua persiapan yang sudah dilakukan untuk menyukseskan pawai budaya sepanjang 3,5 km itu. Termasuk kesiagaan peserta arak-arakan berpakaian adat Batak, lengkap dengan ubo rampenya. "Semua on progress, semua dalam kendali," ujar Jay Wijayanto.

Siaran pers Kementerian Pariwisata kepada KompasTravel menyebutkan Menpar Arief Yahya didampingi Wabup Toba Samosir Hulman Sitorus meninjau jalur yang akan dilewati karnaval yang menjadi puncak perayaan nasional HUT ke-71 RI itu.

Seperti diketahui, Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 berlangsung Minggu (21/8/2016) sore, yang dijanjikan bakal mengalahkan defile Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil 2016. "Nuansa budayanya, tidak kalah!" ucap Jay.

Menpar Arief Yahya menyebut karnaval ini sangat penting. Pada prinsipnya, budaya masyarakat di seluruh dunia itu suka dengan yang namanya karnaval. Termasuk di daerah-daerah di Indonesia, selalu ada tradisi pawai budaya.

Presiden Joko Widodo pun dijadwalkan ikut berpartisipasi dalam karnaval itu sebagai peserta, dan mengenakan ulos Ragidup Sirara. Sementara Ibu Negara Iriana Joko Widodo memakai ulos bermotif Tum-Tum rancangan Edward Hutabarat.

Salah satu keunikan karnaval ini, akan ada Tari Penyambutan Tortor Somba yang dipersembahkan Yayasan Pusuk Bukit. Tortor ini sarat makna, penuh teatrikal kisah zaman kerajaan masa lalu yang ditampilkan dalam suasana riang di pesta kemerdekaan ini.

Monsak pun bakal unjuk kebolehan. Di festival ini, Monsak akan dipersembahkan Yayasan Pusuk Bukit dengan koordinator Sorimangaraja. Monsak adalah sebutan Batak Toba untuk pencak silat atau seni bela diri khas Toba yang akan diiringi repertoar tetabuhan musik gondang.

Ulubalang dari Perguruan Naga Sakti, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Karo, dan Kabupaten Pakpak Bharat juga bakal ikut meramaikan karnaval.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X